Sunday, October 03, 2010

Memulai Hidup Baru

Flying with PK-MDJ setelah delay 2 jam.

Sy memang sudah menikah juli 2009 lalu dan telah menjadi bapak april 2010 lalu tapi baru hari inilah hidup baru Sy benar-benar dimulai.

Sehabis masa cuti nikah, Sy dan Istri terpaksa berpisah dulu karena kami masih terikat kerja di kota yang berbeda. Pun ketika Istri resign januari 2010, Istri tetap berada di Juppandang untuk persiapan melahirkan. Dalam periode ini Sy berpredikat 'suami akhir pekan'.

Ketika Nanakku lahir akhir april 2010 lalu di Juppandang, Sy belum segera memboyongnya ke Balikpapan. Untuk kesehatan dan kenyamanannya, sampai umur 3 bulan Sy tidak akan berani untuk mengajaknya terbang. Ketika dia sudah berumur 3 bulan Sy belum memboyongnya juga. Kali ini karena waktu lebaran sudah sangat dekat. Sy tidak ingin membuat Nanak mungilku ini mengalami hiruk-pikuk mudik terlalu dini. Jadilah Sy mengupdate predikat Sy menjadi 'Paps akhir pekan'.

Dan setelah tidak ada hambatan lagi; Istri sudah resign, Nanak sudah 5 bulan dan musim mudik-balik juga sudah berlalu, dengan mantap Sy menjemput kedua wanita comelku ini.

Meski sempat deg-degan karena Nanakku lagi batuk meler tapi Alhamdulillah berkat kemudahan dan nikmat dari Allah, kami berhasil melalui penerbangan pertama si Nanak dengan sukses. Bahkan ketika sampai di rumah si Nanak malah 'sehat' berat, sangat aktif dan cerewet ria. Terbalik dengan Bundanya yang berangkat sehat tapi tiba di rumah mabo' akut.

Hidup baru ini, sebagai full time suami dan paps, officially starts today. Bismillahirrahmanirrahim.

O yah, sy hampir lupa, sebagai 'back up & support' menjalani hidup baru ini, Sy menyertakan Kakeaya dan Neneibu si Nanak dalam boyongan hari ini. :D

Tuesday, July 20, 2010

Lapbul


Lapbul a/k/a Laporan Bulanan.

Kata ini selalu naik daun di pekan-pekan awal setiap bulannya. Adalah rekan dari departement sebelah yang hobby menagihnya karena memang tugas dialah mengkompulirnya untuk kemudian disuguhkan ke Big Boss dan ke Big Big Boss.

Wednesday, July 07, 2010

13 Years

Sebuah milestone kembali tercapai. 13 tahun sudah Sy bekerja di Perusahaan Penyedia Sinyal Terbaik ini. Alhamdulillah.

Well, No big change in term of work. Sy masih beredar di pekerjaan yang sama, di bidang yang sama, di medan yang sama. Kalimat ini bukan karena boring lho yah, hanya penegasan dan buat nyatat-nyatat saja :). Sy masih suka dan nyaman di sini dan mudah-mudahan rekan-rekan sekantor masih tabah dengan kehadiran Sy. ;)

Klo in term of the Four Musketeers, Sahabat-sahabat seperjuangan sejak sekolah sampai tertugas di Kalimantan, sekarang tinggal Sy seorang. Satu-satu mereka pergi. 2006 Faisal terbang ke Pekanbaru. 2008 Idham terbang ke Semarang. Dan baru saja 2010 Ma'ruf terbang ke Manado. Jadi technicly tinggal Sy seorang di Kalimantan ini yang merayakan 7 Juli ini. :D

Melihat tahun 'penerbangan' sahabat-sahabat Sy ini, Statistik tentu akan menunjuk ke tahun 2012 untuk 'penerbangan' Sy, He he he. Ya masih ada 2 tahun lagi lah untuk tinggal di kota yang sangat Sy betahi ini yang nantinya akan menggenapkan ke angka 10 tahun mendiaminya.

Tapi ada juga sedikit kekhawatiran gegara statistik ini. Sahabat-sahabat Sy ini secara merata mendarat di pulau-pulau besar negeri ini; Sumatera, Jawa dan Sulawesi. Mak... semoga statistik ini tidak berlanjut karena pulau yang tersisa terlalu jauh ke timur :)

---


Meski kita tidak sepulau lagi, tapi Bendera kita masih sama toh ;)
So, Happy 13th years Bros!!

Monday, July 05, 2010

Partai Dakwah, Masihkah?

Argh... kenapa ragu itu tambah kencang saja setelah melihat Partai Andalang ber-Munas ria baru-baru ini.

Dulu.. Sy sempat sedih dan kecewa melihat manuver-manuver Partai Andalang ini kala Pilgub Sulsel 3 tahun lalu.

Waktu itu kelihatan oportunis sekali. Calon yang secara hitung-hitungan bakal memenangkan Pilgublah yang mereka dekati dan dukung, padahal ada pasangan calon yang sangat lekat dengan platform Partai Andalang ini. Namun kemudian Sy bersyukur karena mereka kalah, Sy khawatir gaya yang begituan menular kemana-mana.

Tapi sekarang.. serasa mo menangis bombay saja.. Oportunisme itu malah menasional dan bahkan sudah menjadi kebijakan Partai!.

Sebegitu pengen menangnya kah di 2014 sehingga Partai Andalang yang sebelumnya sangat ekslusif dan dakwah oriented, sekarang membuka diri seluas-luasnya termasuk kepada penganut agama lain?. Kyk sudah ada jaminan saja dengan menjadi Partai Terbuka 'kue'nya jadi membesar. Okelah 'anggota baru' mungkin saja nambah tapi 'fans setia' (seperti Sy misalnya :) ) juga punya kans besar untuk berkurang dan terpaksa kembali 'memutih' (Golput).

Sungguh guemes jadinya dan bertanya-tanya kenapa sih tidak keukeuh saja berpegang teguh sebagai partai dakwah?.

Tidakkah mereka tahu bahwa 'Quality takes some time with no instant way'?.

Segala Cita-Cita Berakhir di Ritz Carlton
Membaca Aliran Politik PKS Pasca Ritz Carlton

Wednesday, June 30, 2010

Training: Issue Management

Just a journey report that:

27 - 29 Juni 2010 Sy diikutkan training 'Issue Management' oleh kantor di Jakarta.
Perform by A David and Company (ADC) with Andy Wong and David Choo as trainer.
Trainingnya di lantai 19 kantor pusat dan nginapnya di Hotel Sultan kamar 477.
Malam terakhir menyempatkan diri nginap di rumah kakak ipar di Kebon Kacang.

Wednesday, June 09, 2010

Video Polos

Pekan ini harusnya Sy sdh menyelesaikan postingan tentang piala dunia 2010, semacam prediksi koddala'lah, tapi berita tentang video polos ngartis-ngartis begitu menyita perhatian.

Begini ceritanya...

Video pertama yang merekam kepolosan dua orang yg mirip bintang sabun yg -kalo memang benar- diketahui sebagai pasangan kekasih Sy pikir akan menjadi satu-satunya video polos yang beredar. Eh tak tahunya hanya berselang beberapa hari video kedua yang lagi-lagi mirip si ngartis laki dengan perempuan berbeda yang ternyata mirip ngartis infotainment beredar pulak.

Nah sekarang beredar lagi kabar kalo konon si ngartis laki yang mirip dengan yg di video itu kehilangan harddisk (laptop?) yang memuat video polos dia bersama 23 perempuan berbeda yang pada mirip ngartis.

Klo sekarang sudah beredar 2 video, berarti masih ada 21 lagi.

Nah ngerti kan bagaimana nda konsen nulis coba klo di otak yang beredar adalah siapa lagikah yang 21 itu dan kapan rilisnya!.

:p

Thursday, June 03, 2010

Vuvuzela

Sy comot begitu saja dari sini

Untuk pertama kalinya Piala Dunia akan berlangsung di bumi Afrika. Semangat global sepakbola akan berbenturan dengan kultur lokal Afrika Selatan.

Salah satunya adalah Vuvuzela, terompet khas Afrika Selatan. Warga Afsel sono kayaknya tidak sah klo nonton bola -di stadion- tanpa meniup Vuvuzela sepanjang pertandingan.

Menyimak perhelatan Piala Konfederasi lalu, buat Sy suara terompet ini sangat mengganggu. Rasanya stadion seperti dirubung tawon. Kenikmatan Sy menonton jadi terusik. Atmosfer pertandingan jadi hilang dan hambar. Pun nyanyian dan atraksi suporter dari tiap negara yang merupakan hiburan tersendiri jadi ketutup. (yup, sy memang lagi hiperbolis :p).

Klo saja suara dari Vuvuzela ini mempunyai irama, tentunya bisa jadi warna tersendiri. Alih-alih, pola suaranya lebih mirip orang mencet klakson dengan lama dan bersambung-sambung dengan suara klakson dari mobil lain. Huh.

Mudah-mudahan saja FIFA punya jurus ampuh untuk ngatasin tawon eh Vuvuzela ini.

Friday, May 21, 2010

Mencukur Rambut Incha

Incha yg sudah dondolo' :)

Tuntunan agama kita menyuruh untuk mencukur rambut bayi, memberi nama dan memotong kambing pada hari ketujuh kelahiran seorang bayi.

O yah, masih ada kelanjutan dari mencukur rambut bayi tersebut, yaitu menimbang rambutnya dan memberi sedekah seberat rambut tersebut yang dinilai dengan harga perak.

Dari ketiga ritual tersebut, ada satu yang tidak Sy tuntaskan tepat pada waktunya; mencukur rambut bayi.

Memang sih di hari ketujuhnya Sy, Kakeknya dan seorang Ustadz bergantian memotong rambutnya, tapi Sy dengan yakin menyimpulkan memotong rambut seperti itu belum memenuhi perintah untuk mencukur rambut bayi.

Alasan kami tidak segera mencukur rambutnya karena Sy -terutama istri-, masih sangat takut melakukannya. Takut melukai kulit kepalanya, takut menyentuh bagian ubun-ubunnya yg masih sangat lembut dan takut mengganggu kenyamanannya.

Ada juga sih alasan lain tapi tidak terlalu penting dan akhirnya batal demi hukum, Bundanya khawatir anaknya tidak modis lagi karena jadi gondolo'. :D

Namun alhamdulillah, hari ini, di hari ke-21nya, kami berhasil mencukur rambutnya. Itupun memakan waktu 2 hari. Maklumlah masih pemula :)

Rambutnya kemudian kami timbang di penjual emas dan kami dapatkan beratnya 1,2 gram.

Dari internet Sy mendapatkan referensi harga perak dan emas dari site ini.

Jauh hari sebelumnya Sy sempat bertanya dengan Ustadz kami yang di Balikpapan, apakah menggunakan nilai perak ataukah nilai emas. Beliau menjawab kalau dari lafadz hadits adalah perak, tapi untuk urusan sedekah selalu dianjurkan untuk "berlebih-lebihan". Klo memang hendak menggunakan nilai perak insya Allah sudah memenuhi. Dan bila memutuskan untuk menggunakan nilai emas tentu lebih baik lagi.

-----

Insya Allah, dengan pengalaman ini, untuk adik-adik-adik-adik Incha berikutnya kami akan lebih pede melakukan semuanya di hari ketujuh kelahirannya.

Tuesday, May 18, 2010

Walimah Pernikahan my Bro

me, bro, sis-in-law, sis


بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بينكما فِيْ خَيْرٍ

Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu, serta mengumpulkan kamu berdua dalam kebaikan” (HR.Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibn Majah)

Sunday, May 09, 2010

Quinsha, Walimah Aqiqahmu


Walimah aqiqahmu baru kami laksanakan di hari ke-9 kelahiranmu agar bisa sekalian dirame-ramekan dengan pindah-rumahnya om dan tantemu..

Selamat nerima kado nakda.. :) 

Friday, May 07, 2010

Buah Hati, Aqiqahmu

Tepat hari ke-7 kelahiranmu, hari ini Jum'at 23 Jumadil Akhir 1431, engkau kami aqiqahi dengan memotong seekor kambing, mencukur rambutmu dan kemudian memberimu nama:

QUINSHA AISYAH NURYADIN

Semoga engkau menjadi kakak yang baik untuk adik, adik, adik dan adikmu kelak (Quinsha = Pemimpin wanita yg Shalehah), yang cerdas, bijak dan pemberi kehidupan (Aisyah = Istri Rasulullah yg cerdas dan bijak/Kehidupan) dan menjadi ummat Rasulullah yang sholehah yang dinaungi oleh cahaya agama (Nuryadin = Cahaya Agama). Amin

Doa Papa dan Bunda akan mengiringi setiap langkahmu..

Friday, April 30, 2010

Buah Hati, kelahiranmu

Subhanallah Walhamdulillah..

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang yang menguras energi dan rasa, bayi perempuan kami lahir selamat dan sehat di Rumah Sakit Bersalin Budi Mulia I pada hari Jum'at tanggal 30 April 2010, pukul 18.50 WITA atau dalam hitungan hijriyah yaitu hari Sabtu tanggal 17 Jumadil Awal 1431.

Bayi kami lahir dengan berat 3,4 Kg dan panjang 50 cm melalui operasi cesar.

-----

here's the story..
Kamis subuh 22 April, Selagi menyaksikan semifinal UCL antara Barca dan Inter, Istri mengalami kontraksi yang cukup sering. Selesai pertandingan kontraksinya tidak surut juga sehingga kami putuskan ba'da sholat Subuh untuk ke RSB Budi Mulia I.

Sekitar pukul 05.50 kami tiba, tapi kamar lagi penuh sehingga kami ke Budi Mulia II. Alhamdulillah dapat kamar.

Setelah di cek bukaan masih 1 sehingga kami diminta untuk menunggu sampai malam ketika dokter obgyn kami datang kontrol.

Malam hari sekitar pukul 19.00, dokter obgyn kami datang. Bukaan di cek ternyata masih juga 1. Dokter kemudian memberikan induksi vaginal.

Sampai pukul 02.00 dinihari Jum'at, Istri sudah bertubi-tubi kena hajar kontraksi tanpa pernah sempat  makan dan tidur. Sy sampai menelpon dokter obgyn saking khawatirnya. Sy kemudian dijelaskan kalo memang sudah seperti itulah kondisi semestinya, kontraksi yang bertubi-tubi dengan selang waktu yang berdekatan.

Jum'at pukul 09.00 pagi dokter obgyn kemudian datang memeriksa. Bukaan hanya naik setingkat menjadi bukaan 2. Dokter kemudian menyarankan untuk induksi yang pake infus. Induksi ini lebih ganas, kontraksi terus-terusan. Dengan induksi ini dokter memprediksi 5 jam kedepan babynya sudah lahir.

Pukul 14.00 babynya ternyata belum lahir. Infus baru habis setengah dari 400ml. Istri sudah menderita sakit luar biasa. Sy memang tidak merasakan langsung sakitnya, tapi sungguh rasa ini terkoyak-koyak. Sy kemudian memaksa bidan jaga untuk mengecek bukaan karena dokter obgyn baru datang malam hari. Ternyata, setelah 5 jam dengan induksi infus, bukaan hanya beranjak naik 1 tingkat!.

Setelah berdiskusi dengan keluarga, dengan memperhitungkan progress bukaan dan kondisi Istri yang semakin lemah (yup lemah sekali. diawal-awal ketika kontraksi dia mencengkram tanganku kuat-kuat, tapi kemudian dia cuma bisa mengeluarkan air mata dengan gerakan yg sangat lemah), kami kemudian bersepakat untuk operasi.

Dokter obgyn kemudian kami kabari melalui telpon untuk mempersiapkan operasi.

Sekitar pukul 16.30 kami berpindah ke Budi Mulia I untuk operasi yang dijadwalkan pukul 17.00.

Pukul 18.25 Istri kemudian diantar masuk ruang Operasi.

Pukul 18.50 baby kami lahir ke dunia

Pukul 19.00 Sy dipanggil untuk melihat si baby. Sy kemudian mengadzani dan mengiqomatkan telinga kanan dan kirinya. Latihan sy di pesawat tidak membantu karena Sy sebegitu terharunya sehingga adzan-qomatku sambil terisak dan terbata-bata. Selesai adzan-iqomat Sy kemudian men-tahniqnya.

Pukul 19.30 Istri keluar dari ruang operasi menuju ruang persalinan. Istri kemudian dipertemukan lagi dengan baby untuk IMD (Inisiasi Menyusui Dini).

Pukul 20.00 Istri dan baby kembali ke kamar rawat inap.

-----


Subhanallah Walhamdulillah...
Welcome to the new world my princess QAN.

Sunday, April 25, 2010

Menyambut Buah Hati

Malam tadi istri tiba-tiba meminta Sy pulang karena early warning alarm kelahiran on. Sudah ada tanda-tanda awal yang muncul yaitu lendir dan bercak darah. Sesuai info dari dokter, tanda-tanda sebegitu menandakan dalam hitungan 1 atau 2 hari baby-nya akan mbrojol.

Setelah grasa-grusu sana sini tiket Alhamdulillah dapet. Karena kebetulan juga Pak BigBoss menyertakan Sy untuk ikut meeting di Juppandang, jadilah mudiknya dibayarin.

-----

Sepanjang perjalanan tadi Sy tidak henti-hentinya berlatih Adzan dan Iqomah sebagai persiapan untuk telinga kanan dan kiri bayi Sy nanti. Persiapan ini penting karena 2 hal:
  1. Suara Sy tidak merdu. Jadi mesti dilatih volume yang pas sehingga telinga Si Baby tidak menderita
  2. Nafas Sy pendek. So mesti diatur alunan suara sehingga tidak sampai kehabisan suara karena nafasnya habis.
Turun dari pesawat setelah berlatih sekitar 30 menitan, Sy sudah lebih PD untuk menyambut Sang Buah Hati.

Monday, April 12, 2010

Tabung Gasku

Hari ini kembali ceria, kompor gasku kembali bekerja dengan baik setelah termanyun selama seminggu lebih karena terbocor.

Gimana tidak ceria, aktifitas seputaran rebus mie, nggoreng telur, nggoreng nugget dan masak air yang sudah kental mengalir dalam darahku, kembali normal setelah lumpuh sepekanan lebih.

Sebagai pemula dalam hal perkomporgasan, Sy salah menyimpulkan penyebabnya. Berhubung regulatornya sudah hampir 2 tahun terpakai, Sy menyimpulkan regulatornya sudah aus. Dengan PeDe Sy beli regulator baru, pasang dan voila... tabung gas kembali mendesis!.

Geblek. Rupanya masalah bukan pada regulator anda. Mana mahal lagi tuh barang.

Di kantor Sy kemudian berdiskusi dengan para ahli dalam dunia perkomporgasan (yang mana hal  ini mestinya Sy sudah lakukan sedari awal. Tapi faktor sok tahu dan menyepelekan masalah yang membuat Sy tidak melakukannya, Cidda'ko!). Dengan cepat para ahli menyimpulkan penyebabnya adalah cincin karet tabung yg rusak dan mesti diganti.

Untuk cincin karet ini bisa diminta di tempat pembelian/penukaran tabung gas. Tapi karena Sy belinya sudah lama maka Sy ke tempat penukaran tabung gas untuk minta penggantian karet. Alhamdulillah penggantiannya gratis.

Dan semudah itu saja.

Pelajaran yg berharga, seharga sebuah regulator. Bottom linenya adalah jangan sok tahu. Nda ngerti ya tanya, ragu-ragu lebih baik kembali (lah kok kayak tentara? hehehe).

kalo ada yang berminat regulator murah silakan hubungi Sy. Sy kelebihan satu tuh ;)

Tuesday, April 06, 2010

Jujur

"Kejujuran itu seperti es krim. Bila tidak dilahap bakalan cepat meleleh, hilang ditelan hawa panas. Bisep di tangan itu kan otot fisik, nah kejujuran itu otot mental dan otot harus dilatih terus agar kuat. Dan untuk hari ini latihan kejujuran gue: Jujur pada diri sendiri". (klo nda salah AADC)
Memang sih, bakal ada problem jangka pendek berlaku jujur. Sesaat orang mungkin jengah tapi pada akhirnya (maybe takes time, a very long time maybe) kejujuran akan memenangi dirinya sendiri.
Dilain kesempatan berlaku jujur dianggap tidak beretika. Tapi percayalah, anggapan demikian hanya terjadi di lingkungan yang memang tidak terbiasa jujur.

Tapi Sy masih percaya pepatah lama yang mengatakan bahwa 'kejujuran itu adalah mata uang yg berlaku dimana saja.

Oleh karenanya Sy selalu sedapat mungkin mempraktekkan kejujuran ini meski kadang itu bisa mengancam reputasi Sy atau mungkin berpotensi menyungging lawan bicara. Namun sebaliknya, ketika seseorang berkata dan berlaku jujur, Sy akan merasa tersanjung dan reputasi orang itu akan naik di mata Sy.

Tapi sayang sore ini Sy gagal.

Terlepas dari kondisi Sy yg sedang sakit kepala, masuk angin dan hasrat yang kuat untuk segera rebahan, tetap saja Sy gagal.

Kejadiannya begini..

Setiba di rumah dan kemudian memarkir motor, tiba-tiba seorang ibu-ibu bermotor singgah dan bertanya, "Pak, ada koran bekas?". Sy kemudian menjawab, "Tidak ada, Bu". Dan kemudian si Ibu berlalu dengan senyuman dan Sy berjalan masuk rumah.

Setelah sholat magrib, Sy rebahan sambil teringat kejadian tadi. Sy merasa sangat tidak nyaman, Sy telah berbohong!.

Kenyataannya di rumah ada beberapa lembar koran bekas yg biasanya Sy beli di weekend. Sy tidak habis pikir mengapa Sy mesti tidak jujur. Memang koran-koran yang tidak seberapa itu Sy simpan sebagai persediaan pembungkus kala diperlukan, tapi kan Sy tidak harus berbohong karena keengganan Sy memberikan koran-koran itu. Mestinya Sy bisa lebih cerdas menjawab ibu itu untuk menjaga sebuah kejujuran. Maafkan Sy ya Bu..

Argh... the damage is done. Sy telah menurunkan reputasiku sendiri di mataku sendiri dan menyungging perasaan dan benakku sendiri. Es krim yang nikmat itu telah meleleh ditelan hawa panas. Huff...

Wednesday, March 17, 2010

BoySS Balikpapan

Setelah sekian tahun bercengkrama, rasanya baru kali ini kami bisa ngumpul dalam satu frame tanpa gangguan dari pihak-pihak yang berkepentingan ikutan narsis.

Here we are.. BSS Balikpapan Sub Department of Network Operation Kalimantan Timur Department of Regional VIII Network Operation Kalimantan.

Left to Right; Adit, Me, Aji & Wicky

Tuesday, March 16, 2010

Menari Dayak


Dilatarbelakangi keinginan untuk berterimakasih kepada Big Boss yang OK banget itu, kami kemudian -yang adalah sekumpulan orang-orang yg tidak pernah tampil- bersepakat untuk memberikan persembahan di malam Pisah-Sambut Big Boss; dengan Tarian Dayak.

Tarian yang sebenarnya adalah tarian perang ini dipilih karena sangat simple dan mudah dipelajari. Cukup memasang tampang garang, lompat-lompat dan teriak-teriak yang mana memang nature nya sebagian besar dari kami. :)

Dan seperti biasa.. Tariannya sukses apa tidak itu tdk penting karena yg penting adalah.. Photo-photo!!
:D

Monday, March 15, 2010

Big Boss fly to Sumbagteng


Hari ini pisah sambut Big Boss. Acara serimonialnya sambil lunch di Resto Ocean. Untuk galanya ntar malam di Ball Room Hotel Blue Sky.

Big Boss lama mutasi ke N.O. Sumbagteng dan penggantinya, Big Boss baru, berasal dari HQ di Technology Planning.

Good luck Big Boss lama di Regional barunya, thanks ilmu-ilmunya, terutama thanks atas atmosfir yang luar biasa 'entertaining'. Bapak adalah success story dari "Lead Casual Achieve Extraordinary". Sebelumnya Sy anggap 'impossible' tapi ternyata itu memang 'do-able'.

Welcome Big Boss baru.. semoga ilmu-ilmunya yang mengawang-awang bisa dibumikan di kami-kami sehingga kami bisa mengayakan diri dengan ilmu-ilmu baru dan luar biasa.

Sedikit Trivia:
  • Big Boss lama mencatatkan waktu 2 Tahun 2 Bulan dan 15 hari. Big Boss sebelumnya 3 Tahun dan 9 Bulan. Big Boss sebelumnya lagi hanya 7 bulan.
  • Big Boss lama mencatatkan 290 landing selama karirnya di Kalimantan.
  • Big Boss lama adalah Big Boss yang paling banyak memutasikan Karyawan, baik Manager (8), Supervisor (3) ataupun Staf (6). Sayang Sy tidak termasuk yg dikampungkan :)
  • Sejak Big Boss 1st sampai Big Boss 5th terdapat pola yang unik yaitu:
    • ex Biru - Merah - ex Biru - Merah - Ex Biru
    • Berkumis - Tdk Berkumis - Berkumis - Tdk Berkumis - Berkumis
    • Bukan Batak - Batak - Bukan Batak - Batak - Bukan Batak
    • Muslim - Non - Muslim - Non - Muslim

Thursday, March 04, 2010

Pontianak for Forkom

Yup jokka lagi :)

Kali ini berkunjung ke Pontianak. 1 sampai 4 Maret 2010. Dengan Agenda:
  • 1 Maret, arriving.
  • 2 Maret, Forkom.
  • 3 Maret, Sharing Sessionnya Big Boss.
  • 4 Maret, Departing.

Lagi-lagi dalam rangka Dinas. Buat ngikutin Forum Komunikasi antara kantorku dengan Babenya Kantorku. Forkom ini ada sebagai wujud dari semangat SINERGI antara sesama 'keluarga'. :)

Forkom beginian sudah berlangsung sejak lama, tapi Sy baru kali ini ikut. Alasannya simple.. yang ikut mesti para Bos.

Eh Bukan bukan. Sy blum jadi Bos. Tenang. Sy ini bisa ikut karena posisi Bosku masih lowong dan Sy lah tetua dari kalangan jelata.

---

Sy sudah lupa kapan terakhir ke kota ini. Tapi klo terjadi pemaksaan Sy akan bilang 2007.

Dalam rentang 3 tahunan ini Pontianak sudah sedikit berubah. Lapangan futsal sudah banyak, Hotel Mercure sudah ada (Sy nginap di sini) dan Bos Kalbar sudah berganti.

Kantor TTC juga fasilitas olahraganya sudah OK. Lapangan Volly, Basket dan Futsalnya keren. Gedung rapi dan tertata dengan baik. Sayang ruang kerjanya kurang 'dinamis' dan sedikit senyap.

Selain itu ada yg masih saja kurang dan tidak berubah disetiap kunjunganku kesini; Sambelnya tidak pernah pedas!. Dan ini tentunya sangat mengganggu kenikmatan bersantapku. Mudah-mudahan dikesempatan berikutnya SKJ (Sambel Kuning Juppandang) bisa Sy ajak serta. :)

Meski waktu cukup ketat, Sy masih menyempatkan main Volly dihari kedua dan Futsal dihari ketiga. Cuma sayang.. Sy nda sempat menjajal punggawa TTC Pontianak beradu jempol, main Winnig Eleven. It should be next time guys, Insya Allah.

Thursday, February 18, 2010

Mattukang Ledeng

Dalam waktu 2 pekan ini, Sy sudah sukses melakukan pekerjaan tukang ledeng sebanyak 3 kali.

Yang pertama ketika kran di sink cuma ngeluarin air dengan gemulai. Padahal kebutuhan buat cuci piring butuh yang muncrat jaya. Solusinya gampang saja. Tinggal ganti kran dengan yang baru dan voila.. nyuci piring kembali fun. :)

Yang kedua adalah patahnya gagang semprotan toilet. Ini juga gampang banget. Tinggal mengganti kepala semprotan dengan yang baru dan voila.. nyebok kembali fun. :D

Yang ketiga adalah mampetnya wastafel. Kasus ini membuat Sy lebay mikirnya. Sy pikir mampet ini terjadi somewhere di jalur pipa pembuangan yang bisa saja tidak terjangkau. Sy kemudian mendapat wangsit untuk menangani kasus ini mesti pake chemical pembersih. Tanpa pikir panjang Sy menuju Toko perledengan dan membeli sebuah produk. Ternyata produk ini sangat tajam dan potensial mengganggu kesehatan bagi yang menghirup uapnya. Karena istri lagi hamil Sy pun jadi parno menggunakannya.

Karena parno.. Sy urung menggunakan produk itu dan tiba-tiba nekat membongkar instalasi pipa wastafel. Setelah terbongkar rupanya yang mampet itu dekat banget dengan lubang wastafel. Hanya dengan semprat-semprot, kotoran-kotoran penyumbat terlepas dengan mudah. Dan voila.. ngewastafel kembali fun. :p

Sy sempat mengamat-amati desain dari pipa wastafel ini. Dan.. Brillian!!. konstruksinya memang sudah dirancang untuk memudahkan pembersihan bila terjadi mampet. Sudah terproteksi sehingga dipastikan titik mampet tidak akan jauh-jauh dari lubang wastafel. Macca macca..

Well, meski rugi sekian rupiah untuk chemical pembersih yang tidak kepake, tapi perasaan puas menangani wastafel mampet ini rasanya masih melebihi harga pembersih itu. :)

Thursday, February 04, 2010

Read More




Fitur 'Read more' ini rupanya juga sudah dimiliki oleh blogspot. Dan sudah cukup lama. Sejak september taon lalu. Cuma sialnya di Sy baru nyampe 2 hari yang lalu.

Sudah lama sy mengidamkan fitur ini untuk merapikan tampilan blog ini. Sy pengen ukuran postingan-postingan sama dengan panjang item-item yang ada di Side bar. Tapi karena tulisan Sy konsisten tdk sama panjang, jadilah keserasian antara body blog dan side bar selalu terancam.

Setelah mencoba berkali-kali, fitur ini tak kunjung sukses Sy terapkan di blog ini. Sedangkan di Blog Sy yg lain, Sukses besar.

Perbedaan antara blog ini dan blog satunya adalah blog ini masih menggunakan old template dan blog satunya sudah Sy upgrade ke new template/layout. Kesimpulan dangkal Sy adalah fitur 'Read more' ini hanya sukses kalo kita sudah menggunakan template barunya Blogspot.

Karena Sy tidak tau coding, masih malas googling dan amat nyaman dengan desain dari pannasmontata ini.. terpaksa fitur ini belum bisa dipake blog ini. Arghh..

:help:

Sunday, January 31, 2010

What a Flight

Di dua kunjungan sebelumnya, destinasi Sy ketika meninggalkan Bali adalah Surabaya trus ke Kalimantan. Kali ini Sy berbelok menuju Juppandang dulu sebelum ke Balikpapan. 

Rupanya jalur penerbangan Denpasar - Juppandang ini luar biasa. 

Begini..
Bandara Ngurah Rai ada di Bagian Selatan pulau Bali. Juppandang ada di sebelah utara Pulau Bali. Nah, pesawat terbang melintasi pulau Bali dari Selatan ke Utara. Dan dalam lintasannya itu pesawat terbang sangat dekat dengan Gunung Agung! 

What a maginifico view sosodara!!

Sy kesulitan menggambarkannya lewat kata-kata, tapi Sy sungguh takjub dan terpesona dengan apa yg Sy liat. Subhallah.

----

Dalam pengalaman Sy ini yg terlibat membantu Sy menyaksikan pemandangan ini adalah: GIA 620, Seat 28A dan Cuaca Cerah. :)


Saturday, January 30, 2010

Bali for Meeting

Tanggal 27 - 30 Januari ini Sy kembali berkesempatan mengunjungi Bali.

Seperti 2 kunjungan terdahulu, ke Bali ini dalam rangka Dinas. Kali ini judulnya "Budget Committee Q1 2010".

Sebenarnya yg semestinya berangkat adalah Bosku. Tapi karena posisi ini belum bertuan (Bos lama sdh mutasi kembali ke Jakarta), jadilah Sy mendapat anugrah jalan-jalan dinas ini.

Agak-agak  'right man on the wrong time' sih sebenarnya :)

'Right man' karena memang Sy tukang budget di departemen Sy, namun 'wrong time' karena undangannya adalah level Bos ke atas (dalam daftar peserta juga ada Big Boss dan Bossnya Big Boss) dan Sy tentu saja belum sampai pada level itu. setidaknya saat ini. :)

Hari pertama ditraktir Big Boss lunch di Hardrock cafe makan salmon dengan gratis. Maknyus luar biasa. *makasih banyak traktiranna ya Pak.

Hari kedua.. polos tanpa jalan-jalan, meetingnya full sampe sore. Tapi malamnya luar biasa. Ada sharing session by Pak Joger, pemilik Pabrik Kata-kata Joger Jelek.

Sy sungguh terpesona dengan sharing Pak Joger ini. Rupanya kapasitasnya jauh melebihi keJogeran Beliau. Beliau membuktikan bahwa hidup ini sangat indah dan nikmat untuk dijalani. Pointnya cuma satu, apapun itu, lakukan dengan niat dan itikad baik. Super sekali. (ups.. marioteguh mode: on :)

Hari ketiga.. klimaks. Sesi departemen Sy cukup alot dan lama. Di akhir hari Sy lemes (kan sudah klimaks toh :p). Acara dinner sambil cruising dan ditemani penari perut (katanya sih) Sy lewatkan. Sy memilih tidur sore dan berencana bergerilya cari oleh-oleh malamnya.

Sekitar 07h30 Sy keluar menuju Joger. Sayangnya joger sudah tutup (Buka 10h00 sampe 18h00). Haluan diubah menuju Kuta. Bli kaos. Pulang.

Di hotel (Sy nginap di Santika, kamar 412 *ndapentingbanget.com), roommate Sy rupanya sudah nyarter motor. Murah meriah, 40rb perhari. Haluan langsung dibanting lagi. Keliling Kuta naik motor bermodalkan GPS yang ada di Handphone. Super sekali. :)

Hari keempat.. pagi-pagi skali tancap gas menuju kuta *lagi. Nongkrong sebentar di pantai, Trus meluncur ke Bandara dengan dasar Iseng aja. Balik ke hotel lagi, sarapan, mandi, check out, ke bandara lagi dengan destinasi Juppandang.

Dan ciao lah Bali.