Wednesday, December 24, 2008

Decide!

Kégana mumaberrekkeng,
buaja bulu’édé,
lompu’ walennaé?

(Mana lebih kau suka,
buaya gunung,
atau lumpur sungai?)


*bisa nda sih digabungkan sahaja Macan dan Pasirnya :)
*terus, kalo memang bisa, nemunya dimana yak?

Saturday, December 20, 2008

Mengejar Sumbu Kompor


Rasanya masih kayak mimpi urusanku dgn perkuliahan akhirnya kelar juga. Se-november-an sy berkutat dengan seminar dan skripsi. Membuat tulisan dengan alur mundur (aplikasinya jadi duluan baru konsepnya dirancang :) dengan literatur dan waktu yang sangat terbatas. Sungguh sebuah contoh manajemen waktu dan perasaan (iyo gang, sempatka esmosi) yang sangat buruk. Bukti lekatnya Sistem Kebut Semalam atawa Sangkuriang Project Methode. (Tapi suwer, tidak ada Jin, Demit atau sejenisnya yang terlibat dalam penyusunan tugas akhir ini).

Sebenarnya jalan Sy cukup lancar dan lega. Masuk september 2002 dan tuntas di maret 2006. 148 sks sebagai syarat pengajuan TA sudah di tangan. Hanya saja Sy tdk bisa menuntaskannya karena tidak ada karya yg mampu Sy hasilkan. Problemnya adalah tidak ada bahasa pemrograman yg Sy bisai sehingga tdk ada aplikasi yg bisa Sy buat (meskipun level yg Sy jalani adalah sarjana tapi kampusku tetap menuntut mahasiswanya tdk sekedar menjadi seorang analis tapi mesti sekaligus programmer). Jadilah Sy ngadat selama 2 tahun.

Konon, ada jalur 'lain' yg bisa ditempuh untuk mengatasi kendala ini, semacam lewat jendela, pintu belakang dlsb. Tapi karena masih idealis, sy memilih menyusahkan diri belajar dari nol dan membangun aplikasi sendiri.

---

Now, Let's skip those 2 longing years :)

Sebuah aplikasi akhirnya bisa Sy hasilkan. Aplikasi yang sangat sangat sederhana, simple, tidak rumit, tidak hi-tech bahkan diduga kuat tdk bermutu. Tapi biarpun begitu, aplikasi itu aseli mbangun sendiri (yg diiringi naik turunnya semangat dikarenakan miskinnya pengetahuan), sehingga jika suatu saat nanti ada yg meragukan ijazahku ketika fit & proper test buat jadi presiden, tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan tentunya :)

Setelah seminar proposal Juli lalu, paper worknya baru Sy tuntaskan November kemarin. Maklumlah heavy work melanda (ya, ini ngeles). Vakum lagilah beberapa bulan. 

Barulah setelah berjumpa salah seorang dosen ketika jumatan Sy terlecut untuk meneruskan TA-nya. Kuliah motivasi singkat di awal November itu memberi semangat sekaligus shocking threat. Dari situ Sy jadi tahu kalau sidang skripsi terakhir 29 November dan wisuda rencananya 20 Desember. Spare waktu yang hanya 2 mingguan inilah yang membuat Sy shock, tapi dengan benak yg sama Sy meyakinkan diri bahwa Sy bisa.

Pulang jumatan dan seterusnya, dengan spartan Sy mengerjakan skripsi. Total 7 hari cuti tahunan di kantor Sy habiskan. Sayangnya tetap saja tenggat yang kurang dari 2 pekan itu terlewatkan juga. Belum lagi beberapa urusan administrasi juga belum terselesaikan. Dengan gontai Sy ke kampus hendak menunda sidang ke semester berikutnya. Tapi rupanya Allah hendak memudahkan Sy, ternyata ada jadwal ekstra untuk sidang tanggal 1 dan 2 Desember. Sabtu 29 November itu menjadi hari yang panjang dan melelahkan. Dan Alhamdulillah semua urusan Sy tuntaskan.

1 Desember jam 14.00 giliran Sy sidang. Seumur-umur ikut yg namanya ujian, tak pernah rasanya sy se-PeDe itu. Selama 1 jam sidang, pertanyaan-pertanyaan dosen penguji seputar konsep dan rancangan aplikasi bisa Sy jawab. Ajaibnya aplikasi buatan Sy tidak diutak-atik dan cukup dilihat-lihat screenshootnya saja. 

Sy kemudian diminta keluar untuk memberi waktu Tim penguji untuk mengambil keputusan. Dan beberapa saat kemudian Sy dipanggil masuk kembali. Kemudian Ketua Tim penguji yang terkenal killer itu dalam suasana yang cukup horor berkata: "Anda kami nyatakan.. tidak.. Mengulang". Fiuh.. legana kawe :)

---

Dalam Yudisium 10 hari lalu Sy jadi tahu raihan IPK dan Nilai dari Skripsiku. Alhamdulillah sangat memuaskan. Soalna dengan status sebagai mahasiswa partimer, raihan sebegitu lumayan ajib dan tentunya cukup-agak-sedikit-hampir membanggakan. Ji.

Semoga rasa bangga yg meskipun berkaliber kecil ini bisa sampai pada Bunda dan Bapak yang turut hadir di Wisuda hari ini. Semua ini sungguh Sy persembahkan untuk keduanya. 

---

Well, jalan panjang selama 6 tahun tamat sudah, wisuda barusan menasbihkan Sumbu KOMpor tersandanglah di pundak, dan tentunya pengejaran yang satu ini berakhirlah sudah. Waktunya fokus digeser untuk mengejar yang lain. Mengejar si ana' dara mabbaju selleng tentunya. Doakan Sy.

Saturday, December 13, 2008

Panimbolo'

Dari sekian banyak futsal game yg pernah sy mainkan, kyknya baru yang tadi malamlah yang meninggalkan cedera di kaki. Cederanya tidak parah sih, tulang keringku cuma tergores saja. Entahlah apa kena sepatu, apa beradu dengan kaki lawan. Hanya saja saat ini goresan itu terasa perih, dikit.

Cedera seperti ini cukup jarang sy alami karena memang gaya main sy yang elegan (ele-ele ganjen?). Gaya yang lebih menghindari kontak fisik dan mengutamakan seni menggoreng (krupuk?) bola. Kira-kira tipikalnya kayak Robinho lah. Jadi bukan yang tipe destroyer yang jobdescnya tabrak-tabrakan, sruduk-srudukan dan tekel-tekelan kayak abang gattuso, mas cherano ato daeng bahar muharram.

Cedera di tulang kering ini jadi mengingatkan sy pada masa-masa SD dulu, masa dimana Sy sedang jahiliyah-jahiliyahnya. Waktu itu, salah satu kakek Sy yang terkenal sakti di kalangan keluarga, demi mengetahui hobby sy bermain bola segera menurunkan salah satu ilmunya. Beliau mengajari sy mantra sakti agar kuat mappasi'baa, yaitu beradu tulang kering ketika main bola. Orang bugis mengistilahkan mantra sejenis ini panimbolo'. Oh yah, untuk orang bugis mappasi'baa adalah salah satu parameter kehebatan bermain bola. :)

Segera ketika Sy sudah hapal rapalan dan tata caranya, Sy gunakan kala main bola di sekolah. Ketika ada kesempatan perebutan bola, tak ragu sy mengayunkan kaki untuk mappasi'baa. Dan ajaib, lawan sy waktu itu meringis kesakitan dan mendapati tulang keringnya benjol dan membiru sedangkan sy tidak merasakan apa-apa.

Pastinya sih itu kebetulan belaka, karena seingat sy, hanya sekali itulah panimbolo' ku berhasil. Di percobaan-percobaan lain, meski sudah konsentrasi penuh dan penuh khusuk, tulang keringku jugalah yang mengharu biru lebam. Kegagalan-kegagalan itu kemudian membuat sy tidak mempercayai lagi yang namanya panimbolo' dan tidak pernah lagi mappasi'baa. Dan pada akhirnya mengubah gaya mainku seperti sekarang ini.

By the way, Sy masih ingat utuh rapalan dan tata cara panimbolo'ku. Tapi maap yah, Sy tidak berniat menurunkan ilmu ini. Selain karena panimbolo' ini cuma bisa sekali pakai saja juga karena ternyata adalah prilaku syirik.

Thursday, December 11, 2008

Miladka, lagi :)

Hari ini Sy milad lagi setelah nyaris sebulan sebelumnya Sy juga milad. Kalo november kemarin Sy milad yang ke-30, nah hari ini Sy miladnya yang ke-31.

Kok bisa? 
ya bisalah. Ka sistem kalendernya beda. Milad yg November pake Masehi dan Milad hari ini pake penanggalan Hijriah. 

Trus kok angka tahun miladnya beda?
ya bisa dong. Penanggalan Masehi setahunnya 365 hari, sedangkan Hijriah 354-an hari. Jadi ada selisih 9~10an hari toh. Nah setelah 30an tahun , miladnya akan berselisih setahun. 

Sy sendiri milad terdekat dimana 14 November dan 13 Dzulhijjah nyaris bersatu kembali seperti di tahun 1978 adalah di 2010, dimana 13 Dzulhijjahnya jatuh di tanggal 19 November. Kalo untuk kembali persis seperti kenangan indah 30 eh 31 tahun yang lalu entahlah kapan bisa terjadi, sepertinya sih not in my life time.

Curious want to know yours? langsungmi ke sini.

dan lagi deh.. Happy 31st Milad my Self, 13 Dzulhijjah 1429 H :)

Thursday, November 27, 2008

Kartu Kredit Konvensional, Haram Mentong

gambarna sy ambil dari sini


Dulu Sy memutuskan tidak memiliki kartu kredit karena sebuah logika sederhana, tapi sekarang jadi semakin mantap karena ternyata memang ada dasar fiqihnya.

Seperti tertulis di posting dulu, alasannya sederhana, bahwa kemudahan atau fasilitas yang kita dapatkan adalah berasal dari riba yang dihasilkan oleh bank sehingga kita yang menggunakan fasilitas tersebut secara tidak langsung menjadi pengguna/penikmat riba. Hii...

Nah sekarang, hasil ikut pengajian tadi sore, Sy jadi semakin mantap. Sistem bunga kartu kredit yang nanti setelah jatuh tempo baru dikenai bunga, ternyata secara Fiqih masuk dalam kategori Riba Jahiliyyah atau Riba Nasii'ah. Jadi jatuh tempo atau tidak jatuh tempo, kesepakatan ribawinya sudah terjadi. 

Okelah, ini untuk sebagian orang mungkin masih bisa diperdebatkan. Misalnya bahwa hukum riba baru jatuh ketika telah jatuh tempo dengan alasan sebuah dosa baru tercatat ketika telah dilakukan dan bukan ketika masih direncanakan. Tapi dengan logika yang sederhana pula kita bisa mementahkan argumen tersebut. Bahwa ketika fatwa haramnya bunga bank dikeluarkan oleh MUI dulu, harusnya semua turunan bisnis bank yang menggunakan sistem bunga ikut menjadi haram, termasuk kartu kredit. 

Gampang ji toh :)

*masih menanti lahirnya kartu kredit syariah ato kartu debit syariah yg sakti*

Friday, October 10, 2008

10 Top reason why Futsal better than Soccer

Penelitian ini sangat subjektif dan hanya dari 3 orang responden yaitu Me, My Self & Adink :)
  1. Kecepatan lari nda utama (nda bisaka' lari)
  2. Stamina habis, bisa keluar ngaso, habis itu main lagi (VO2 Max-ku Min)
  3. Sepatunya nda mesti dibersihin/dicuci habis main
  4. Sepatunya bisa dipake jalan-jalan
  5. Nda susah ngumpulin orang, cukup 10 jadimi 2 tim
  6. Less of body contact
  7. Selalu dapat bola, nda perlu ngejar-ngejar bola datang sendiri
  8. Gampang gonta-ganti posisi
  9. Skill over Power (maklum atlit GOLF = Golongan Orang Lemah Fisik :)
  10. Gol-gol indah lebih mudah tercipta :)

Friday, September 19, 2008

Zakat Fitrah

copas dari amp.org.sg

Ibnu Umar radhiyallaHu 'anHu berkata,

"Rasulullah mewajibkan zakat fithri dengan satu sha' kurma atau satu sha' gandum, baik atas budak, merdeka, laki-laki, wanita, anak kecil, maupun dewasa dari kalangan kaum muslimin" (HR. al Bukhari II/161, Muslim II/677-678, Abu Dawud no. 1611-1613, Ibnu Majah no. 1826, an Nasai V/48 dan lainnya)

Soal pengertian zakat fitrah keknya tidak ada masalah. Yang jadi masalah (khususnya buat Sy) adalah kadar yang harus dikeluarkan itu berapa? dan membayarnya dengan apa?.  Kalo sebelum-sebelumnya, Sy selalu menunaikan zakat fitrah menggunakan uang dengan kadar 2,5 kg beras sesuai ketentuan pemerintah (MUI?) dan tidak pernah mengganggu gugat (deh!) aturan tersebut. Namun sekarang Sy (sedikit) mempertanyakan ketetapan tersebut.

Begini ceritanya, :)

Dari hadits Rasulullah didapatkan petunjuk kadarnya adalah 1 sha', nah masalahnya 1 sha' itu dalam kg (sebagai satuan yg umum kita gunakan) berapa? :)

Pertama-tama 1 Sha' dalam konversi satuan sejenisnya (satuan arab :) adalah:
  • 1 sha’ sama dengan 4 mud
  • 1 mud sama dengan 2 rithl. (menurut pendapat Abu Hanifah) atau 
  • 1 mud sama dengan 1 1/3 rithl (menurut madzhab jumhur/Imam Syafii) atau 
  • 1 mud sebanyak isi telapak tangan sedang, jika mengisi keduanya, lalu membentangkannya. 
Lanjut searching-searching dan Sy dapatkan hitungan-hitungan berikut:
  • Menurut madzhab Maliki, 1 mud sama dengan 6,75 ons. Jadi 1 sha’ sama dengan 27 ons (2,7 kg).
  • Menurut al-Rafi’i (madzhab Syafi’i), sama dengan 693 1/3 dirham. Jika dikonversi satuan gram, sama dengan 2,751 gram (2,75 kg).
  • Kyai Maksum-Kwaron Jombang menyatakan 1 sha’ sama dengan 3,145 liter, atau 14,65 cm2 atau sekitar 2,751 gram
  • Dari kalangan Hanbali, 1 sha’ juga sama dengan 2751 gram (2,75 kg)
  • Dan Dr. Muhammad al Kharuf mengatakan, "Sekalipun terjadi perbedaan pendapat maka ukuran rithl Baghdadi sama dengan 408 gram" (al Idhah wa Tibyan, tahqiq oleh Dr. al Kharuf, hal. 56). Dengan demikian jika mengikuti pendapat jumhur, maka 1 mud dalam gram kurang lebih adalah 544 gram (dari 1 1/3 dikali 408) dan 1 sha' kurang lebih adalah 2176 gram (dari 544 dikali 4) atau 2,176 kilogram.
  • Al-Nawawi menyatakan 1 sha’ sama dengan 683 5/7 dirham. Jika di konversi dalam satuan gram, hasilnya tidak jauh dari 2176 gram.
  • Sedangkan Syaikh al Utsaimin berpendapat bahwa 1 sha' diperkirakan setara dengan 2,04 kg jika dihitung dengan gandum berkualitas baik (al Fiqhul Islami wa Adillatuh I/142-143).
  • Jika dikonversikan dalam bentuk liter (bukan rithl !) maka menurut madzhab Syafi'i 1 sha' adalah 2,75 liter (Majalah an Nashihah vol. 11 tahun 1427 H, hal. 38), artinya 1 mud adalah 0,6875 liter atau 687,5 mililiter.
  • Menurut imam Abu Hanifah dan imam Muhammad adalah 1 sha' sama dengan 8 rithl ukuran Irak. 1 Rithl Irak sama dengan 130 dirham atau sama dengan 3800 gram (3,8 kg)
  • Dan di Indonesia, entah bagaimana ceritanya menetapkan berat 1 sha’ dibakukan menjadi 2,5 kg.
Nah, jadi unik toh? kok bisa kita di Indonesia lain sendiri penetapannya dan tidak mengikuti pendapat  salah satu imam/madzhab? Apakah angka 2,5 Kg ini adalah angka kompromi, angka average ato angka tengah-tengah dari pendapat ulama-ulama salaf seperti yg ada di atas?
Wallahu'alam..

Berikutnya adalah soal membayar zakat fitrah apakah dengan uang atau dengan bahan makanan pokok?. 

Dari searching-searching (juga), disebutkan bahwa jumhur ulama, baik Syafi’iyyah, Malikiyyah, dan Hambaliyyah menyatakan kesepakatannya tentang ketidakbolehan membayar zakat fitrah dengan selain bahan makanan pokok. Dan hanya Imam Hanafi yang memperbolehkan membayar zakat fitrah dengan uang senilai bahan makanan pokok yang wajib dibayarkan.

Bagaimana halnya di Indonesia? Sering kita dengar pengumuman dari pemerintah (MUI?) bahwa berdasarkan survey pasar besaran zakat fitrah adalah sekian Rupiah yang setara dengan 2,5 Kg beras mutu tertentu. 

Nah, unik lagi kan? Lha kok pakai kadar 2,5 Kg dan bukan 3,8 Kg mengikuti pendapat Imam Hanafi? dasarnya aturan pemerintah kita apa yah gerangan? Kreatifkah? 
Wallahu'alam.

---

Dari magguru ini, Insya Allah kedepannya Sy lebih prefer menunaikan zakat fitrah dengan menggunakan bahan makanan pokok (beras) dengan kadar 2,75 Kg (Insya Allah ini lebih utama) dan bila kepepet menggunakan uang, tentunya dengan kadar 3,8 Kg, sambil terus mencari kisah-kasih dibalik keunikan peraturan pemerintah (MUI?) kita ini.

kebanyakan di-copas dari: sini dan sini
update: kajian dari HMNA

Tuesday, July 29, 2008

Anger Management


Hari ini kembali sisi gelapku menyeruak. Sy tau ini buruk. Mengetahui penyebabnya adalah sebuah kejadian yg sudah bertahun-tahun lewat yg Sy pikir sudah selesai, Sy jadi merasa semakin buruk. Dan kemudian mengingat-ingat bagaimana Sy bereaksi tadi siang dan kemudian me-replay pikiran-pikiran porno kotor yg berseliweran di kepala Sy tadi, Awwe Sy merasa super-duper buruk.

Okelah tadi siang memang sangat-sangat sangat buruk. Tapi masih ada sedikit prestasi lah yg bisa Sy syukuri. Kalo dulu Sy hampir lompat dan menerjangnya, tadi siang sebelum meeting dimulai Sy sukses mengulurkan tangan untuk menyalaminya. Bahkan ketika terdengar dengusan aneh (yg sangat provokatif ituh) setelah dia menyambut salamanku, Sy masih bisa menyeringai menyunggingkan senyum sangar manis.

Cuma sialnya senyum manis itu tidak bertahan lama. Menyaksikan tingkah polahnya sepanjang meeting yg makin lama makin membuat Sy eneg, mataku pelan-pelan berair, nafasku mulai mesti dalam-dalam nariknya dan kemudian diakhiri dengan kutinggalkannya ruang meeting.

Dan yang lebih sial lagi adalah.. tak satupun kalimatnya yg ditujukan padaku, langsung ataupun tidak langsung. Cuma ya gitu.. kok ya habis terang (tiba-tiba) terbitlah (sisi) gelap. Buktinya ya reaksi bodoh dan pikiran kotor tadi.

What can I say now? My anger management is so fail? Think I should say yes and should learn extra hard to let go things like this.

*tadi waktu dia pamitan Sy nda disalamin lho, tapi Sy kembali senyum genit manis ji tanpa diiringi pikiran2 goblok selain pikiran untuk segera mosting ke sini :)

Wednesday, July 23, 2008

Mengoreksi Penguasa


Suatu saat Khalifah Umar bin Khathab membagikan ghanimah berupakan kain buatan Yaman. Masing-masing mendapat satu helai secara adil. Namun ternyata Umar nampak memakai kain tambahan untuk gamis yang dipakainya.

Salman Al-Farisi pun menginterupsi Umar yang tengah berkhutbah,"Kami tidak akan mendengar dan mentaatimu. Dari mana Anda mendapat tambahan kain untuk gamismu?"

Umar menjawab,"Jangan Anda terburu-buru mencelaku." Lalu Umar memanggil dan bertanya kepada anaknya Abdullah bin Umar,"Aku bertanya kepadamu, dengan nama Allah, bukankah gamis yang kupakai ini sebagian adalah hadiah darimu?" Abdullah bin Umar berkata,"Benar ya Amirul Mukminin, itu adalah bagianku yang kuhadiahkan kepadamu."

Salman pun lalu berkata,"Kalau begitu, lanjutkan khutbah Anda, kami akan mendengar dan mentaatimu."

dikutip oleh KH. Muhammad Shiddiq Al-Jawi dari kitab Al-Islam Baina Al-Ulama wa Al-Hukkam (Ulama Mengoreksi Penguasa) karya Syaikh Abdul Aziz Al-Badri.

*Teniapato', adakah kesempatanku menyaksikan yg sedemikian di jamanku ini? A conqueror but not superior, Subhanallah..*

Thursday, July 17, 2008

SULSEL di PON XVII KALTIM


Selamat buat SULSEL yg berhasil menaikkan peringkatnya dari peringkat 10 di PON XVI SUMSEL menjadi peringkat 5 di PON XVII KALTIM. Perolehan medali tentu saja juga ikut meningkat dari 17 emas, 22 perak dan 19 perunggu menjadi 25 emas, 23 perak dan 28 perunggu. Mudah-mudahan ini pertanda pembinaan olahraga di Kampungta' berjalan dengan baik.

Yang menarik adalah mayoritas medali yang diperoleh SULSEL berasal dari cabang-cabang "berkelahi". Cabang-cabang berkelahi ini menyumbangkan 12 dari 25 medali emas(46%) -Anggar (3 emas), Judo (1), Karate (4), Kempo (1), Pencak Silat (1) dan Tinju (2)-. Di Perak, 7 dari 23 medali (30%) dan di Perunggu 13 dari 28 medali (46%).

Trus kalo kita bedah dan kelompok-kelompokkan lagi perolehan emas SULSEL ini, kita dapatkan 3 buah Kelompok besar. Kelompok pertama adalah cabang berkelahi seperti uraian diatas. Kelompok kedua adalah olahraga tradisional orang SULSEL yaitu Layar (3) dan Sepak Takraw (2). Dan kelompok yang ketiga adalah kumpulan cabang-cabang -berpenampilan- sekseh yang diwakili oleh Dance Sport (3), Renang Indah (4) dan Senam (1).

Untuk kategori pertama dan kedua rasanya tidak terlalu mengherankan kalo kita menilik tipikal dan sejarah panjang orang SULSEL. Tipikal "pabbambangeng na macca" memang sangat lekat dengan kehidupan kita orang-orang SULSEL. Tipikal seperti ini tentu saja sangat pas dengan cabang-cabang berkelahi. Demikian juga Layar dan Sepak Takraw. Nabilang orang-orang, dari jaman nenek moyang, orang SULSEL pelaut ulung memangmi. Kalo untuk Sepak Takraw yang kalo di tanah bugis disebut ma'raga, memang adalah olahraga tradisional masyarakat SULSEL dari jaman toriolota'.

Cuma untuk kategori yang ketiga ituh... Aish nda nyangka nakke!. Apakah ini salah satu pertanda sahnya isitilah baru ini; "PABBAMBANGENG NA LALE". :)

Tuesday, July 15, 2008

Semangat Banjir


Hari ini Balikpapan, khususnya kawasan Ahmad Yani banjir lagi. Dan lagi-lagi kompleks Telkom Centrum kembali tergenang. Khawatir pemancar jagaanku terendam lagi maka bersegeralah Sy menuju TKP.

Sesampainya di Centrum, Sy langsung menuju halaman belakang dimana shelter berada. Benar saja persis seperti Rabu lalu air sudah setinggi pinggang. Takut perangkat ada kenapa-kenapa langsung saja Sy terjun menerobos genangan air menuju shelter. Baru beberapa langkah Sy tersadar kalo Handphone dan Dompet belum Sy amankan, segera Sy memutar haluan menuju tempat yg lebih tinggi. Cek per cek... whuaaa... Buasah sammua!.

Sekarang Sy sudah di kantor lagi. Pemancar sementara Sy matikan, meski sempat terendam Sy masih optimis setelah dikeringkan dan dibersihkan bisa berfungsi lagi seperti Rabu lalu. Dengan optimisme yg sama Handphone dan Dompet Sy keringkan dan bersihkan, mudah-mudahan keduanya masih ditakdirkan mendampingiku lagi.

Pesan moral:
Hati-hati kalo terlalu semangat ketika banjir, handphone dan dompet bisa basah!.

*whua... mana tuh hape blum lunas :'(

Saturday, July 12, 2008

Mebbua Lawa Bale

Lolongeng-ka cara mebbua Lawa bale pole okko milis buginese, engka member posting-ngi cara-carana. Iyanaritu:
  1. Bale mairo pura yallega-e bukunna riremme-i cukka gangka wettu 5 menne’
  2. Wette rakkoi kaluku pura paru’e lettu macella-cella
  3. Pecokengngi ladang sibawa pejje.
  4. Yakko meloki wedding letambang bonte’, paru’i na reperraki ri balewe.
  5. Campuru’i peco’ ladangnge, kaluku pura wettewe sibawa balewe.
  6. Areangngi lemo kapasa’ sesuai selera.
Nappa engka-to pariasi resep pole-to ri salah seddi member buginese, iyanaritu:
  1. Iyaro kalukue aja na ri wette. Ebbuwaki bara pole kaddaro-e, patamai ri kaluku pura paru’e na ri sampoi.
  2. Garui tacciceng-ciceng bara’ ratai. Narekko macella-cellani na mawangi, alle’gani bara-e.
  3. Malunrapi narekko ri sellei bonte’-e sibawa pao lolo.
 *engkapa gare’ yase’na lawa bale we, iyanirotu ri asengnge Pacco’. Cukkami, ladang na pejje’ na pake*

Friday, July 11, 2008

Mangurusu' Bola

Sesso tongengka' sa siurusu bapak (sibawai kasi' benena na 2e ana'na, padahal madenni mopi kasi' ana'na) melo-e uwelli bolana.

Pammulanna sijancika sirruntu' okko bank mandiri untuk paleppe'-i cicilang bolana. Mappamula tette' 10 ele lettu 11.30. Mettangngi seding mattajengnge naiyya urusangnge. Lo transfer-i jolo lao rekeningna iyaro bapak-e, nappa laoni naurusu okko petugas KPR na bank Mandiri. Purana na tandatangang siyare-are dokumeng, leyareanni iyaro bapak-e sertipika' asli, imb asli sibawa sure' roya. Nulle kapang yakko lancar manengngi iyaro proses-e, engkami kapang 20 menne' kaminang metta, tapi'na kenyataanna.. sijangnga sitengnga!

Nasaba' esso juma-i, tollaona jolo majjuma. Massing bawassa nyawaku mitai bene sibawa anana'na iyaro bapak tajengngi majjuma.

Soro juma tollao si jolo manre esso gangka kira-kira tette' dua. Nappa laoni okko notaris-e.

Okkoni'-e metta, lettu sitengngana 5!

Ternyata megatoha pale' hale'-hale' na yakko meloki jual-beli bola. Terutama iyaro paja'e, maseleng bawangnga sa' na taro, tenia sa pale' pato' angke'na. Selesai masalah paja', masalah dokumeng si. Awwe kasi'na, rompapa.. Ais, cau bawangnga sa caritai. Poko'na, yakko lancar maneng moi urusanna notaris-e, bansa-bansa araba pi nappaki mattandatangang akta jual beli. Jajipi AJB we nappa wedding yurusu' Balik Nama na. Bansa 2 minggu najaji kodeccau-i, nappai yaseng wappunnai pennoni iyaro bolae.

*musti jolo wurusu perbaikanna KTP-ku nasaba' salai uleng jajiang ku, awwe..*

Monday, June 30, 2008

Euro 2008 - Finale


Fuih.. baru bisa ngeblog lagi nih. Bener-bener dah nyaris sebulanan hidupku hanya beredar di seputaran Euro ini.

Euro edisi ke-13 ini terasa sempurna buatku. Spanyol yang Sy favoritkan juara dari awal akhirya sukses merengkuh tropi Henry Delaunay setelah mengandaskan Jerman di Final dengan skor tipis 1-0.

Menyaksikan perjalanan Spanyol adalah hari-hari yang menyenangkan buatku. 6 partai yang mereka lewati semuanya diakhiri dengan kemenangan. Yang paling dramatis tentu saja ketika bertemu Italia di perempat final. Satu-satunya negara yang tidak berhasil mereka jebol gawangnya itu, akhirnya nyerah 4-2 di adu tendangan penalti.


Selain kegairahan yang dibawa oleh Spanyol ada keasyikan lain selama Euro ini, yaitu adu intuisi dengan teman-teman kantor lewat Fantasy League. Dalam permainan ini dituntut kejelian kita dalam memilih pemain yang akan kita susun menjadi starting eleven tim kita. Pemain-pemain tersebut akan di-rating berdasarkan penampilan mereka setiap matchday. Nah poin-poin dari tiap pemain pilihan kita tersebutlah yang akan diakumulasikan untuk menentukan peringkat kita.


Game tersebut akhirnya sukses Sy menangkan. Saat ini Sy tinggal nunggu hadiah souvenir yang disponsorin oleh teman-teman dari kantor Samarinda.

Oh yah, dari sekian lama berkarir sebagai begadanger, baru di Euro inilah Sy nemuin rahasia tetap bugar di kantor meski semalam begadang berat. Rahasianya adalah... ya rahasialah :)

Friday, June 13, 2008

See You Later, Bos!

Klip ini adalah usaha maksimal para tukang menggunakan otak kanannya demi Boss yang sangat baik hati itu.

"Bila ternyata ada kesamaan tampang dengan selebritis itu hanya kebetulan belaka, dan bila ternyata akting kami jauh lebih OKE dari pemain SINETRON itu hanya salah satu bukti buruknya mutu mereka"


Selamat jalan bos, tetap tebarkan keteduhan di tempat yang baru.

Saturday, June 07, 2008

Madces & Abah Aldien

Sebenarnya perpisahan ini officially efektif per 1 Juni kemarin, dan sahabat-sahabat yg mutasi ini sudah aktif di lokasi masing-masing per 2 Juni lalu. Berarti mereka sudah 4 hari di kantor baru. Namun baru tadi malamlah dalam acara pisah-sambut Sy sangat terharu melihat mereka ini.

Sy tumbuh bersama mereka dan bekerja side by side dengan mereka dalam 11 tahun ini. Saling berbagi cerita, bertukar kisah dan berumbar ilmu. Sy menjadi saksi kehebatan dan kebrilianan mereka ini.

Selamat Jalan Sobat, Selamat berkarya di tempat yang baru, di posisi yang lebih luas yang memang pas untuk kepesatan perkembanganmu, di tanggungjawab yang memang sesuai dengan kapasitasmu.

Sy bangga berpartner denganmu Sobat!

Friday, June 06, 2008

Profesi 2 Tahunan


Setiap 2 ajang sepak bola akbar ini berlangsung, Piala Dunia dan Piala Eropa, ada 2 profesi yang tiba-tiba Sy lakoni, Begadanger dan Komentator.

Untuk scope Piala Eropa, Sy memulai karir sebagai begadanger di Euro 92. Waktu Finalnya berlangsung, Sy seorang diri menonton Denmark vs Jerman. Kebahagiaan Sy atas kemenangan Denmark mesti Sy tahan tidak melewati tenggorokan karena disekitar Sy Om2, Tante2 dan Spupu2 tergeletak kecapean karena siangnya adalah acara pindahan rumah Om Sy.

Meskipun sebenarnya Sy sedikit BT sama Denmark karena ngalahin Belanda di semifinal, tapi kebencian Sy sama Jerman lebih tinggi derajatnya. Soalnya 2 tahun sebelumnya, Jerman ngalahin Argentina di Final Piala Dunia.

Karir Sy kemudian menjadi lengkap setelah lingkungan pergaulan Sy meluas. Sy sekolah STM di Makassar, pas perhelatan WC 94. Rupanya di sekolah terdapat banyak komentator amatiran yang memperoleh bahan analisis dari Tabloid Bola yang dibeli patungan. Bisa dibayangin kan garingnya perdebatan yang terjadi.

Besok Euro 08 akan dimulai dan Sy masih setia melakoni kedua profesi 2 tahunan ini.

Sebagai Begadanger, tidak banyak yang berubah. Matchday-matchday kebanyakan Sy habiskan dengan nonton sendirian kecuali bila kantor ngadain Nobar. Selain nuansa rame-ramenya, biasanya sambil menunggu kick off diadakan duel Winning Eleven yang bagi Sy adalah daya tarik utama. Untuk Nobar di kafe atau di hotel, Sy selalu terhalangi oleh bayangan pekatnya asap rokok dan aroma alkohol yang Sy buenci.

Sebagai Komentator, perkembangan Sy cukup maju. Bahan Sy tidak lagi bergantung sama tabloid bola yang belinya urunan itu. Di kantor, koran dan terutama internet selalu tersedia. Pentas adu komentar pun tidak hanya di lingkungan kelas saja. Sy sekarang sudah bisa menulis di blog Sy ini atau ikut bersahut-sahutan di milist-milist yg Sy ikuti. Kemampuan analisis Sy pun melebar cukup hebat. Tidak terbatas aksi-aksi di lapangan hijau saja karena komentator profesional di TV pun bisa Sy komentarin!.

Selamat datang EURO 2008!
Selamat datang BEGADANG!
Selamat datang KOMENTATOR!

Friday, May 30, 2008

BBM SBY JK


Hebatna... Dalam 1 periode pemerintahan, SBY-JK sudah 3x naikin harga BBM!, New Record!! Muri kudu mencatatnya nih. Tinggal siapa yang mau menseponsori acara pemberian sertipikat rekornya :)

Rekor ini masih bisa beliau-beliau tingkatkan mengingat masih ada waktu 1 tahun masa pemerintahan. Kenaikan yg ke-4x ato yg ke-5x tentu Fantastis.

Kutipan dari Wikipedia:
Indonesia

In March 2005, Indonesia increased the price of gasoline and diesel by 29%, causing widespread protests. The price of gasoline was raised from Rp 1800 per litre (around US$0.20) to Rp 2400 per litre, while diesel rose from Rp 1650 to Rp 2100 rupiah. Prices were increased again in October to Rp 4500 a litre, an 87.5% rise, for gasoline, while diesel was increased to Rp 4300, and kerosene, used for cooking, increased from Rp 700 to Rp 2000 per litre. The price increases came as oil prices threatened to increase the government's oil subsidy to $14 billion per year, and caused further protests.

With oil reaching over $130 a barrel, Indonesia further increased prices on May 24 2008, to Rp 6000, and diesel to Rp 5500, while kerosene was raised to Rp 2500, moves which caused widespread protests. In addition, it was suggested that private car owners, who Indonesian terms are wealthy, would eventually be excluded from subsidies entirely, with the cheap fuel limited to public transport and motorcycles.

People have been encouraged to switch to LPG for cooking, as Indonesia is the world's largest exporter, whereas its oil industry is in decline, and it is now a net importer.

Complete reading >>>
*hmm.. semakin jelas siapa yg tidak Sy pilih 2009 nanti :)

Wednesday, May 28, 2008

Pilkada Kaltim 2008


Sehari setelah hari AHAD yaitu senin kemarin, Sy menyalurkan hak pilih di TPS 09 Balikpapan Tengah. Prosesnya cepat banget, paling sekitar 10 menitan. Datang, daftar, duduk, nyoblos dan pulang. Lancar, Aman dan SEJAHTERA.

Tadinya Sy berpikir bakal melewatkan Pilkada ini karena KTP Sy dari tahun lalu sudah koit. Eh, tak disangka Sy menemukan kartu pemilih Sy di meja tergolek manja, katanya dititip sama teman.

Well, suara sudah disalurkan dan perhitungan sedang berjalan, mudah-mudahan sahaja Calon Andalang kali ini bisa menang, Amin, Amin, Amin... (Wekkatellupa na Sah)

:))


Done!

Monday, May 26, 2008

Selamat 13


Hymne Telkomsel

Membuka cakrawala negeri. Satukan sanubari bangsa.
Menyambungkan rasa antar generasi. Melayani Indonesia.

Layanan selalu terdepan. Kwalitas handal terpercaya.
Karya anak negeri menyatukan hati. Harmoni penuh dedikasi.

Telkomsel untuk semua. Telkomsel kita jaga bersama.
Telkomsel untuk Indonesia. Begitu dekat begitu nyata.


*See.. nda ada harga toh :)

Tuesday, May 13, 2008

In Service


Nda ada yang aneh ya? kecuali keberadaan papan bertuliskan "In Service" itukan? Ngapain coba menginfokan sesuatu yg tidak penting. In Service ya In Service aja toh?

Sebenarnya Lift kantor ini sedang rusak dan sedang dalam perbaikan. Tapi entah kok pengelola gedung mencantumkan papan "In Service" itu. Apa maksudnya Liftnya sedang diservis :)

Tampaknya istilah "Out of Service" perlu disosialisasikan nih.

Monday, May 12, 2008

Pearl Jam, Yellow Ledbetter, Live at the Garden


Sy bukan fans berat Pearl Jam, tapi Sy adalah penikmat lagu-lagu ringan mereka. Katakanlah Sy ini masih dalam taraf "simpatisan" makanya jangan heran kalo pengetahuan Sy tentang Band ini sangat dangkal.

Kebanyakan informasi dari Band ini Sy dapetin dari blog 2 fans berat mereka yang rajin Sy kunjungi, State of Love & Trust dan Frayed end of Sanity, belakangan pemilik blog terakhir mengkhususkan postingan tentang Pearl Jam di Pearl Jam Indonesia.

Hal pertama dari band ini yang langsung membuatku suka adalah warna vokal Eddie Vedder yang berat. Berikutnya adalah sang gitaris Mike McCready.

Nah, kesukaan terhadap sang gitaris ini diawali setelah menyaksikan konser mereka Live at the Garden yang diputar oleh salah satu stasiun tanah air beberapa bulan silam. Asyik sekali melihat solo gitar dari Mike di ujung lagu Yellow Ledbetter, penuh penghayatan dan sangat memukau. Kebetulan lagu Yellow Ledbetter ini salah satu dari lagu favorit Sy.

Dan entah mengapa malam ini tiba-tiba saja Sy merindukan aksi itu. Meski tidak mengoleksi keping DVD konser tersebut Sy masih bersemangat buat memuaskan kerinduan itu, apalagi kalo bukan lewat Youtube.

Dengan sedikit improvisasi keyword akhirnya dapat juga, Yellow Ledbetter, Live at the Garden. Puas nonton berkali-kali, timbul keinginan untuk dapat mengaksesnya anytime tanpa ketergantungan koneksi internet. Mutar-mutar sebentar di Google, kenalan sama Vixy, dan tadaaa... jadilah klip itu sekarang bersemayam di harddisk-ku.

Sekarang Sy bisa muas-muasin nonton klip ini kapan saja. Tapi Sy sedikit khawatir, jangan-jangan setelah membaca postingan ini seseorang ikut-ikutan terbius karena nekat menelusuri link youtube di atas dan menyaksikan Mike dengan gitarnya di awal, pertengahan dan terutama di ujung lagu.

Tuesday, April 29, 2008

Bulan Sembab


Hujan yang begitu sering menyapu bumi rupanya suka menggoda hujan yang lain di dua mata ini. Sebulanan ini mataku terlalu mudah diprovokasi oleh hatiku sehingga dengan mudahnya meluapkan airnya. Setelah logikaku juga sehaluan dengan hatiku, tiadalah lagi daya untuk bisa membendungnya.

Kondisi porak-poranda seperti ini secara matematis memang pasti terjadi jika dan hanya jika menyangkut satu orang. Karena refleksi perasaannya dengan mudah melingkupiku, ceria dan sedihnya adalah duniaku.

Semenjak mengetahui di mana surga itu berada dan siapakah pemilik seorang laki-laki di dunia ini, cita-citaku tidak pernah lagi jauh dari jawaban itu. Hidupku senantiasa untuk memastikan ada senyum di wajahnya.

Tapi tidak untuk saat ini. Kesedihannya tidak bisa kusibakkan, airmatanya tidak mampu kuredakan. Kuhanya bisa terpekur meleleh tiada daya.

*sigh*

Bulan ini segera lewat, tinggal sehari lagi. Asa dan doa kembali menyeruak, semoga dengan berlalunya dia, sembab ini dibawanya serta.

Tuesday, April 08, 2008

Salam

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُم

Sejak lama Sy menemui banyak orang yang secara intens untuk menuliskan salam sebagai pembuka setiap SMSnya dan belakangan mulai merambah Imel dan IM --sebuah kebiasaan yang sebenarnya cukup membanggakan seandainya saja dilakukan dengan indah--. Hanya saja tulisan yang digunakan adalah tulisan yang super duper irit sehingga seringkali malahan menimbulkan pemahaman yg jauh berbeda bahkan bertolak belakang dengan Salam itu sendiri ketika kita membacanya.

Diwaktu-waktu awal dulu Sy selalu mencoba mendebat kebiasaan menulis salam yg super irit ini. Tapi dengan berbagai alasan, kaum yg irit ini bergeming pada kebiasaannya. Alasan yg sering mereka andalkan adalah untuk menghemat huruf, biar cepat ngetiknya, "Itukan pikiranmu saja", "Kamu kan bisa artikan sendiri" dan --sedih-- "Astagah! naurusna ini semua!". Fiuh..

Karena pengalaman-pengalaman yg tidak mengenakkan tersebut, saat ini bila mendapat pesan sedemikian itu, Sy biasanya memilih antara membalas pesan dengan diawali salam (tidak menjawab tapi memulai salam) atau tidak menghiraukannya sama sekali.

Berikut contoh-contoh pengiritan itu..
ini yang paling populer tapi paling Sy anti:
|| Ass... dst. (tau kan arti Ass itu apa?)

Trus ada juga yg gini:
|| Aslkm.. dst.

Atau yg ini:
|| Askum.. dst.

Atau berbagai variasi lainnya yang sangat jauh dari Salam yang baik, benar dan sempurna.

Ada apakah gerangan sodara-sodariku? begitu beratnyakah menuliskan Assalamu'alaikum secara sempurna? kalo berat mending nda usahlah sekalian, kalo nda niat jangan dipaksakan, kalo itung-itungan nda usah bersalam, kesannya menjadi tidak baik --setidaknya dibenak Sy--.

*sigh*

Membudayakan menulis salam dengan sempurna adalah satu hal namun membiasakan mengucapkan salam kepada sesama muslim adalah lebih utama untuk dijaga kesempurnaannya dan Kita, Insya Allah.. tentu bisa istiqomah melakukannya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Monday, April 07, 2008

Umbrella


Originally performed by Rihanna

[Verse 1:]
You had my heart, and we'll never be world apart - Maybe in magazines but you'll still be my star - Baby 'cause in the dark you can't see shiny cars - And that's when you need me there - With you I'll always share because

[chorus:]
When the sun shine we'll shine together - Told you I'll be here forever - That I'll always be your friend - Took an oath, I'mma stick it out 'til the end - Now that it's raining more than ever know that we'll still have eachother - You can stand under my umbrella - You can stand under my umbrella (ella ella eh eh eh) - Under my umbrella (ella ella eh eh eh) - Under my umbrella (ella ella eh eh eh) - Under my umbrella (ella ella eh eh eh eh eh-eh)

[Verse 2:]
These fancy things will never come in between - You're apart of my entity - Here for infinity
When the war has took his part - When the world has delt it's card - If the hand is hard together we'll mend your heart because

[chorus:]

[bridge:]
You can run into my arms - It's okay, don't be alarmed - Come into me - There's no distance in between our love - So gonna let the rain pour - I'll be all you need and more because -

[chorus:]

[Outro:]
It's raining (raining) - Oh baby it's raining (raining) - Baby come into me - Come into me - It's raining (raining) - Oh baby it's raining (raining) - come into me (come into me)


-0O0-

Now that it's raining more than ever and too bad I didn't have any umbrella..
But hey I have a rain coat, the Big one, So.. Would you stand with me now?

Thanks to Lillasysta and Marie Digby yg membuat lagu ini lebih nyaman di telingaku :))

Friday, April 04, 2008

Milestone 3000

Bukanji buat berbangga-bangga secara bukan blog seleb, sekedar membuat tanda penunjuk dan pengingat kalo blog ini ada tonji tamuna. Meskipun mostly beranjaknya angka itu dikarenakan kehadiran diriku sendirih, Ais biarkammi saja.. biarkanmma' bahagia, pokoknya 3000mi unique visitor :D

Thursday, March 13, 2008

Becce' Kami


Alhamdulillah telah lahir Ponakanku pada hari Kamis, pukul 3 Subuh, 5 Rabiul Awal 1429H, lewat operasi cesar.

Insya Allah sabtu besok Om-Om nya mudik untuk menjenguknya sekalian membawa proposal nama untuknya. Sekarang sih belum dapet tapi mudah-mudahan dalam beberapa hari ini bisa kelar :)

Wait for your uncles, Becce.

*after all, the winner is the Naskah Cina :)

Wednesday, March 05, 2008

Haji Dinas 1429H


Musim test Haji Dinas 1429H sudah bergulir perhari ini. Test seperti biasa terdiri dari 3 bagian, tertulis, wawancara dan kunjungan ke tempat tinggal. Test pertama dimulai hari ini dengan sistem online, langsung dari komputer masing-masing.

Musim kali ini Sy lewatkan.

Sy sudah "mengukur baju di badan" dan sudah memastikan kalo Sy masih Sy yang dulu yang gagal itu, It's still the same old me. No improvement at all. Dengan demikian, soal-soal yang materinya kurang lebih sama dengan tahun lalu sudah pasti akan kembali menggagapkanku. That's why I pass.

Buat para sahabat yg akan berjuang, selamat berjuang dan semoga sukses dan lulus test. Insya Allah tahun depan Sy akan kembali bertarung.

Tuesday, March 04, 2008

Contest


Saat ini sedang berlangsung tes wawancara untuk para calon supervisor. Akan ada 3 Supervisor baru dari 10 kontestan untuk posisi penjaga sinyal dan 2 Supervisor baru dari 4 kontestan untuk posisi penjaga sentral. Posisi-posisi yang lowong ini adalah hasil dari perputaran yang akan segera terjadi itu.

Para kandidat ini adalah hasil filter dari seluruh staf Kalimantan. Syaratnya adalah sudah 5 tahun berbakti. Sebuah syarat yang sangat Sy amini karena cukup obyektif dan fair. Satu lagi, posisi ini khusus diperebutkan oleh para Kalimantaners. Sebuah kekhususan yang tentu saja mesti Sy jempoli.

Yang perlu diseksamai adalah dasar penentuan pemenang. Mudah-mudahan hal-hal yang bersifat non teknis bisa diminimalkan (hilang dan mungkin kalliii). Bagaimanapun harus Sy akui hasil dari tes ini akan mempengaruhi persespsi Sy tentang mekanisme penentuan. Alasannya simple, terdapat satu hal yang sangat sensitif dan secara kasat mata telah membagi 2 para kontestan.

Bila saja hal itu akan terkesampingkan dan lebih berkaca pada skill, riwayat kerja, prestasi, attitude dan performansi, pastilah kebahagiaan Sy akan menyamai kebahagiaan para pemenang nantinya. Okelah, karena Sy tidak ikutan berkontes, kebahagiaan Sy sedikit dibawah para pemenang mo pale :)

Kita tunggu sajalah hasilnya baru kemudian kita tata dan sesuaikan perasaan dan persepsi kita nantinya. Katanya bede', Sebuah hasil dari perlombaan (if i may say so) memang tidak selalu memuaskan semua orang.

*Ah, mudah-mudahan saja dugaan Sy ini tidak benar adanya, Amin...

Saturday, March 01, 2008

neph-iece?


Insya Allah dalam beberapa hari ke depan kami akan ketambahan satu anggota keluarga baru. Anak pertama pada Kakak, Cucu pertama pada Bunda-Bapak dan tentu saja Ponakan pertama pada Sy

Satu penasaran yg belum berjawab adalah soal jenis kelamin Si ponakan. Sampai sekitar 10 harian lalu waktu kakak di USG pun belum juga ketahuan. Mungkin waktu itu Si ponakan lagi malu-malu sehingga berpose defensif.

Ada sih beberapa ramalan yang sempat Sy rekam soal ini:
  1. Kata Sanrona pada kakak, "Kalo dirasa-rasa ini sepertinya laki-laki nanti anakmu".
  2. Bunda, "Kalo diliat-liat dari mukanya kakakmu waktu masih hamil muda, kayaknya laki-laki nanti ananknya".
  3. Nenek sanro pada Bunda kemarin, "Sepertinya berbilang hariji ini kelahirannya appota, insya Allah laki-laki tu".
  4. Sy.. tidak ada ramalan, tapi di sini juli tahun lalu, Sy sempat tulis, "And for you, the Lil’ man, Don’t trouble your mother but your father".
  5. Trus yang ini, yang katanya beng naskah Cina ribuan tahun, hasil hitung-hitungan berdasarkan tabel itu, Cewek.
Senin lusa kakak akan melakukan final check up dan kalo sempat di USG lagi, Sapa tau kali ini Si ponakan lebih terbuka. Tapi kalo masih malu-malu juga nda apa-apa, toh Insya Allah dia akan segera nongol

"Good luck Sista, Semoga persalinannmu nantinya dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah SWT, serta kamu dan bayimu diberi kesehatan dan kekuatan Oleh Allah SWT, Amin".

*duh PR Om buat nyariin kamu nama belum selesai nih*

Tuesday, February 26, 2008

Keep on Rolling?

Sebuah kebiasaan buruk dari sebuah perusahaan yg besar, Never Ending Issue!!

Tampaknya sampai SK di tangan semua kemungkinan masih bisa terjadi. Pemilik kuasa masih saja asyik memainkan kami bidak-bidaknya.

hmm...
Adakah mereka memikirkan dampak yang terjadi pada kami sang bidak dengan ketidakpastian ini?

Sudahlah tidak ada konfirmasi kerelaan, tak pasti pula kapan terjadinya. Nasib yang tidak jelas dan menggantung ini sungguh mengganggu fokus dan konsentrasi kami, membuyarkan rencana-rencana kami dan menggelisahkan rasa dan pikir kami.

*tapi, transferan bulan ini sangat melegakan, Alhamdulillah :)

Thursday, February 14, 2008

Rolling

Sebuah isu Rolling Staf menyapa Sy menjelang siang tadi. Sebenarnya yang kayak ginian sih biasa aja dan lumrahlah dalam sebuah perusahaan yang terus tumbuh dan berkembang. Hanya saja karena nama Sy ada di dalamnya, jadilah Ia terasa wah.

Dalam penerimaan pertama yg terasa adalah, Sy guagal. Batinku; Seburuk-buruk tinggal kelas masih bisalah dibilang oke ketika bandingannya dengan turun kelas. Nah, Sy adalah yg turun kelas itu. Mo dibandingin dengan apalagi coba. Mo bilang ini: "Seburuk-buruk turun kelas masih mending dibanding tidak sekolah sama sekali" ?. Ah plis deh, garing tauk!.

Selang beberapa waktu Sy tambah stress aja. Rasanya prestasi Sy tidak bisa dibilang buruk. Namun untuk sebuah promosi memang belum selayaknyalah Sy terima, itu sangat Sy maklumi. Pikirku lagi, Seburuk-burukpun pekerjaan Sy yah palingan beringsut ke daerah lain dengan posisi yang samalah. But Demosi?

.......

Beberapa jeda membatin akhirnya Sy bisa sedikit mencerahkan kekalutan Sy sendiri. Teringat doa Sy selama ini ketika terdengar rencana management untuk melakukan rolling seperti ini adalah agar Sy ditempatkan di tempat yg memang Sy mampu dan bisa membawa kebaikan untuk diri Sy, keluarga Sy, Agama Sy, Dunia dan Akhirat Sy. Dengan doa itu pikiran Sy kembali ringan dan tidak lagi memusingkan ukuran tempat baru itu.

Sekarang, semakin lama memikirkan isu itu, senyum Sy semakin melebar, I think I can fit in there. Dan last but not least, pasti ada hikmah dibalik itu.

*lagi menunggu kebenaran dari isu ituh

Sunday, January 27, 2008

Selamat Jalan Pak Harto

Soeharto
(1921 - 2008)


He's a good* man, judging from what he gave to this country.
But counting what he took from this country, I'll let you all to do the math.
He may be Forgiven but Forgotten?

Anyhow, as a human being, He deserve the respect from all of us.

Pak Harto..
May your deed save your next journey.
Amin.

*when great possible, good is not enough.

Tuesday, January 15, 2008

Mbaca Imel

Now, you can see how good I am in reading :)

2006 : Semua imel ttg kerjaan terbaca dengan baik. Sedikit kelewat yg di direct mail dan imel2 buat belajar. Dan hancur lebur di urusan Agama.

2007 : Sy belajar dengan baik di tahun ini tapi tetep payah di urusan Agama dan malah memburuk di imel2 ttg kerjaan.

2008 : Sy hebat euy!!!

Monday, January 14, 2008

The Blog Readibility Test

Hasil bertualang di blogosphere pagi tadi (lupami nyangkut dimanaka tadi) adalah web ini. Katanya sih biar kita tau "What level of education is required to understand your blog". Kira-kira kesimpulannya adalah makin tinggi reading levelnya makin rumit (canggih?/syusyah dimengerti?) blognya.

cash advance
lumayanlah :)

*tebakan awal sih ELEMENTARY SCHOOL. tapi.. at least most of indonesian able to understand my write lah:p

Saturday, January 05, 2008

Ayat-ayat Cinta, Behind the scene

Sorry, Sy tidak akan bercerita apa-apa tentang Film ini karena memang belum nonton dan Sy juga tidak akan bercerita tentang kisah dibalik pembuatan film ini karena memang bukan Sy pemainnya, sutradaranya apalagi produsernya, tapi link-link berikutlah yang akan bertutur, langsung dari sang sutradara :)

Kalo soal Novelnya, awwe... keterlaluan kali kau kalo belum juga kau baca :))
ya sudah, kalo betul2 belum baca Sy punya tuh novel kelebihan 1, siap untuk dikirim. Minat?

Oh yah, inie linknya:
  1. Kisah di balik layar AAC (1)
  2. Kisah di balik layar AAC (2)
  3. Kisah di balik layar AAC (3)
  4. Kisah di balik layar AAC (4)
*mestinya filmnya tidak dikompromikan, tapi si pemegang duit ituh!*

Thursday, January 03, 2008

Teman Kencan Baru

Kami baru 5 hari ini jadiannya tapi sudah sangat lengket, kemana-mana hampir selalu berdua. Ke minimarket, ke warung bahkan ke kantor. Dan kalo saja Sy sedikit lebih gila lagi pasti kami sudah tidur bareng. Tapi tenang guys, masihlah Sy ini pencinta wanita. Pasti.


Kenalkan, namanya Sierra CX. Kulitnya putih bersih dengan paduan warna Coklat dan Olive metalik. Teman-teman sih nyebutnya sepeda Ontel tapi kalo Sy nyebutnya city bike. Dan bagian yang paling Sy suka adalah, Keranjangnya, katanya cocok dengan mata Sy :))

.............

Sudah beberapa hari ini Sy ke kantor dengan naik sepeda. Ternyata seru juga. Menyusuri jalan yang sama tapi dengan kecepatan lebih lambat memberi keasyikan tersendiri. Jalan yang sudah bertahun-tahun Sy lalui itu ternyata masih juga menyajikan pengalaman-pengalaman yang berbeda.

Sebelumnya tak pernah terasa lekukan kontur badan jalan selain lubang-lubang yg sempat menganga dulu. Pastilah tenaga mesin motorku menghilangkan sensitifitas itu. Tapi dengan sepeda, sensitifitas itu kembali lagi, tak ada lagi tanjakan yang tidak terasa, soalnya berat bo' ngayuhnya :D

Kenikmatan bersepeda saat ini sedang Sy alami. Harapannya sih untuk menyehatkan badan dan memperkuat kaki/lutut. Maklumlah pemain bola, meskipun amatiran tapi kaki mesti tetap dijaga toh. Halah... Selain itu juga buat nambah pilihan ke kantor setelah naik motor dan naik angkot.

Pokoknya.. Hidup Passapeda :D

Wednesday, January 02, 2008

Renungan awal tahun

Sebuah pelajaran yg sangat berharga menghampiri di awal tahun ini. Sebuah hadist yg layak kita ambil hikmah darinya. Semoga kita bisa menjadi salah satu hamba yang beruntung mendapat rahmat Allah Subhana Wata'ala.

Rasulullah SAW pernah berkata, "Amal soleh yang kalian lakukan tidak bisa memasukkan kalian ke surga". Lalu para sahabat bertanya: "Bagaimana dengan Engkau ya Rasulullah ?". Jawab Rasulullah SAW : "Amal soleh sayapun juga tidak cukup". Lalu para sahabat kembali bertanya : "Kalau begitu dengan apa kita masuk surga?" . Nabi SAW kembali menjawab : "Kita dapat masuk surga hanya karena rahmat dan kebaikan Allah semata".


*Thanks Deen atas postingannya di milist Buginese barusan.*