Monday, May 12, 2008

Pearl Jam, Yellow Ledbetter, Live at the Garden


Sy bukan fans berat Pearl Jam, tapi Sy adalah penikmat lagu-lagu ringan mereka. Katakanlah Sy ini masih dalam taraf "simpatisan" makanya jangan heran kalo pengetahuan Sy tentang Band ini sangat dangkal.

Kebanyakan informasi dari Band ini Sy dapetin dari blog 2 fans berat mereka yang rajin Sy kunjungi, State of Love & Trust dan Frayed end of Sanity, belakangan pemilik blog terakhir mengkhususkan postingan tentang Pearl Jam di Pearl Jam Indonesia.

Hal pertama dari band ini yang langsung membuatku suka adalah warna vokal Eddie Vedder yang berat. Berikutnya adalah sang gitaris Mike McCready.

Nah, kesukaan terhadap sang gitaris ini diawali setelah menyaksikan konser mereka Live at the Garden yang diputar oleh salah satu stasiun tanah air beberapa bulan silam. Asyik sekali melihat solo gitar dari Mike di ujung lagu Yellow Ledbetter, penuh penghayatan dan sangat memukau. Kebetulan lagu Yellow Ledbetter ini salah satu dari lagu favorit Sy.

Dan entah mengapa malam ini tiba-tiba saja Sy merindukan aksi itu. Meski tidak mengoleksi keping DVD konser tersebut Sy masih bersemangat buat memuaskan kerinduan itu, apalagi kalo bukan lewat Youtube.

Dengan sedikit improvisasi keyword akhirnya dapat juga, Yellow Ledbetter, Live at the Garden. Puas nonton berkali-kali, timbul keinginan untuk dapat mengaksesnya anytime tanpa ketergantungan koneksi internet. Mutar-mutar sebentar di Google, kenalan sama Vixy, dan tadaaa... jadilah klip itu sekarang bersemayam di harddisk-ku.

Sekarang Sy bisa muas-muasin nonton klip ini kapan saja. Tapi Sy sedikit khawatir, jangan-jangan setelah membaca postingan ini seseorang ikut-ikutan terbius karena nekat menelusuri link youtube di atas dan menyaksikan Mike dengan gitarnya di awal, pertengahan dan terutama di ujung lagu.

4 comments:

  1. wah..wah..wah..
    ada simpatisan nih..hehehe..

    sebagai ilustrasi, Yellow Ledbetter ini adalah lagu yang liriknya tidak pernah sama setiap kali dibawakan secara live. Eddie selalu punya membawakan YLB dengan lirik yang berubah-rubah sesuai mood atau keinginannya sendiri. makanya kadang banyak yg bingung kalau nyari lirik asli YLB ini.

    trus, soal melodi gitarnya..
    Mike memang membuat melodi ini sebagai tribute untuk Jimi Hendrixx, gitaris paling top dari kota Seattle (kota t4 lahirnya Pearl Jam). kalau jeli, bisa kedengaran kalau riff YLB ini memang mirip dengan "Little Wing"-nya Jimi Hendrixx.

    bagian paling mengasyikkan dr YLB di sesi live adalah bagian terakhir saat Mike memainkan melodi dan semua penonton plus anggota band mengiringi temponya dengan tepukan tangan...mantapp...!!!

    kalau Adink mau, nanti sy bisa kirimkan DVD Live at The Garden, atau mungkin beberapa bootlegs yg di mana PJ khusus membawakan YLB..

    okeh...?, sekian dari saya...
    eh..salam kenal..halah..!!!, hehehe..

    ReplyDelete
  2. See the comment above?
    I've told you, right?
    :))

    ---

    trus yg ini:
    kalau Adink mau, nanti sy bisa kirimkan DVD Live at The Garden, atau mungkin beberapa bootlegs yg di mana PJ khusus membawakan YLB..

    Pilihannya "and" apa "or"? kalo "or", Sy pilih yang bootlegsna YLB mo..

    Salam hormat..
    :)

    ReplyDelete
  3. cieee didatangi sama aktivis Pearl Jam di Makassar.. wetz..

    ReplyDelete
  4. kek na ada yang ngajari caranya neh. makasih ya. hehhhe...... kalo dah bisa menikmatmati yang ringan cuba dinaikkkan tarafnya biar kenal juga yang lainnya.

    ReplyDelete