Tuesday, May 15, 2007

Option File WEPES 2007 vs Memory Card-ku

Sempat berhari-hari mainin ni game dengan database standar bawaan game yang tentu saja sudah pada basi. Seperti biasa Konami tidak pernah menyesuaikan databasenya dengan kondisi terupdate Player transfer. Belum lagi nama klub-klub Inggris yang karena tidak berlisensi jadi pada ngawur semua. Hal yang sama juga dialami oleh klub-klub Amerika Latin. Kalo kostum tim? Ancur!. Di seri ini kita juga mesti kehilangan tim-tim dari Bundes Liga. Grrr...

Cara terampuh untuk segera mengupdate semua kekurangan diatas adalah lewat Patch. Hanya saja cara ini perlu waktu lama karena menunggu hasil semedi dewa-dewa patch yang bisa bulanan. Konon sangat sulit membongkar proteksi file-file kostum timnya.

Cara yang lain adalah dengan mengedit sendiri lewat In game Editor yang makin lama makin powerfull. Cuma.. Sy terlalu sibuk untuk mengerjakan semua satu-satu -padahal memang tidak mampu, lagian Sy selalu percaya ada WE Freak diluar sana yang akan melakukannya dan dengan senang hati membagi option file-nya :)

Setelah lama searching kesana kemari nda dapet-dapet akhirnya setelah nyaris tak berdaya meja sebelah -salah satu tetua WE di kantor :) ngasih tau kalo dia sudah punya. Dan setelah usut punya usut ternyata selama ini Sy salah tempat nyarinya. Selama ini Sy nyarinya ke web dan forum Eropa, padahal ni game belum beredar di sana karena memang katenye Winning Eleven: Pro Evolution Soccer 2007 ini untuk pasar Amerika Utara! Trus kenapa Sy bisa dapetin nih game?, itu karena Sy hidup di Indonesia.. lho?

Abis ngopy tu Option file ternyata masalah belum selesai. Soalnya tiap kali Sy coba load pasti gagal dan error. Tapi kalo makenya Memory Card punya teman, bisa. Weleh-weleh curigation langsung tertuju ke Memory Card-ku.

Setelah diamat-amatin, dibanding-bandingin dan dibongkar-bongkar, dengan gagah berani Sy simpulkan kalo Memory Card-ku ini yang tidak original punya. Bisa dilihat dari Chipnya yang mereknya nda jelas juga dari sekrup dan casingnya yang kurang meyakinkan. Huugh!

Beberapa hari Sy hidup dalam ketersiksaan yang dalam, larut dalam nestapa. Betapa semuanya sudah kulakukan untukmu. Copy pake flash disk gagal, pake Code breaker nda jalan, pake System browsernya PS2 nihil, pake in game option file manager pun nda sukses. Trus apalagi yang harus kulakukan? Oh, Memory Card-ku.. kenapa engkau lakukan ini padaku!

Di satu malam yang indah.. ketika Sy sedang nonton DVD Heroes, tiba-tiba saja muncul ide soal si Memory Card ini.. -ide ini nda adaji hubungannya dengan itu film nah. Jangan-jangan tuh Memory Card karena Chipnya nda jelas, kapasitas juga jadi nda jelas, yah lebih kecil dikitlah dibanding dengan Memory Card yang original. Langsung beberapa skenario untuk menguji hipotesa itu berseliweran di palaku. DVD dimatikan, PS2 kunyalakan.

Dengan menggunakan fasilitas in game editor plus metode copy-save-load, satu-satu sy cobain. Mulai dari database pemain, team data, emblem, logo, nama stadion dan nama liga. Dan terbukti lewat cara ini ketahuan kalo ternyata sumber error itu adalah di emblem. Sepertinya Memory Card-ku ini tidak bisa menampung semua emblem yang sudah di-create dalam option file. Kemudian Sy hapus beberapa, coba save.. load.. and Voila... working like charm..! and I get my days back!

*woe! main WE terus... kapan hunting jod-nya?!*

1 comment: