Monday, January 01, 2007

Tumbang Juga

Ternyata bener.. Networkku betul-betul tumbang setumbang-tumbangnya. Kado yang dramatis untuk memasuki 2007 :)

Kejadiannya mulai dari dinihari tanggal 31 Desember sampai dinihari tanggal 1 Januari. Semua pengguna prepaid plus pelanggan postpaid yang mengaktifkan fitur halocek ngadat dengan symptom tidak bisa melakukan call atau ngirim sms tapi sebaliknya buat terima kadang-kadang bisa.

Karena Sy salah satu pengguna fitur Halocek jadilah juga Sy sebagai korbannya. Terima telpon bisa tapi nelpon gagal. SMS dapet tapi tidak bisa nge-reply. Sebel berat, persis seperti yang dialami pelanggan-pelanggan lain yang budiman. Praktis seharian HPku cuma berfungsi sebagai jam.

Sehabis Shalat Ied, pulangnya dengan PDnya singgah di rumah teman yang orang Core __oh iyyo, kalo Sy orang Radioka__ karena yakin makanan lebaran sudah siap di sana dan sekalianlah mo bahas gangguan ini.

Setelah yakin problemnya pasti disisi core-nya dan juga setelah memastikan kampung tengah terisi dengan padat __balala mentong__, pamit pulang karena mo ngantar Sapi Qurban kantor ke Mesjid dekat salah satu BTS.

Habis itu ke kantor ngecek-ngecek sapa tau ada alarm. Trus nelpon Bunda numpang Telpon Fix kantor __sebenarnya ini yang utama__. Setelah yakin di sisi radio aman, pulang meka tidur buat persiapan acara makan-makan ntar malam.

Lepas Isya ke kantor lagi buat ngumpul sebelum ke resto buat dinner. Eh ternyata di kantor sudah lengkap petinggi-petinggi kantor. Langsung ka' larut __kayaknya lebih pas menggunakan kata "terjebak"__ dalam diskusi membahas gangguan yang terjadi.

Ternyata sodara-sodara.. Gangguan ini berskala Nasional!

*Kebayangmi muka-muka 30an juta orang yang mempercayakan sinyalnya kepada kami.. Duh, Maafkan kami..*

Ternyata __lagi__, gangguan terjadi di sisi IN atawa Intelligent Network __plis deh, intelligent?__. IN inilah yang mengatur per-pulsa-an pelanggan-pelanggan prepaid. Makanya yang kena impact-nya adalah pelanggan prepaid. Trus yang Postpaid kenapa kena, karena fitur halocek juga menggunakan fasilitas yang ada di IN. Hmm.. Cocokmi.

IN mengalami overload. Overload ini yang pasti bukan karena traffic. Simpelnya kejadiannya beginie, ada transaksi internal dalam database IN yang tidak sinkron dan terus-terusan nge-looping sehingga memakan resources processor, transaksi-transaksi yang lain jadinya nda terlayanimi. Nda bisa miki' nelpon sama sms-an. Begetoh...

Sempat juga keran nelpon gratis dibuka buat pelanggan prepaid. Prinsip Manajemen pokoknya Sinyal kita bisa dipake. Perkara nda dapat duit itu belakangan yang penting pelanggan sedikit terobati kekecewaannya. Nelpon gratis ini dibuat per 3 menit putus untuk menghindari overload di sisi Core dan Radio. Sayangnya overload itu tetap terjadi makanya tetap susah nelponnya. Kalo yang pake haloceks, teteps ngadats. Auch..

Sudah 9.30 malam, gangguan belum ada tanda-tanda membaik. perlahan-lahan hilangmi harapan makan-makan di resto dan berganti dengan bayangan kolonel sanders yang barusan di-order, paket 1 lagi dah...

Tim dibagi menjadi 2 untuk mengantisipasi gangguan jika masih berlanjut besok. Tim pertama standby sampe besok pagi. Trus Tim kedua ngelanjutin sampai sore dan seterusnya dan seterusnya. So pasti Sy pilih masuk ke tim kedua, lumayan bisa tidur, lagian 1.30 mi mumpung masih sempat tinro. Oh iyyo Gangguan full ditangani oleh teman-teman kantor pusat. Kita di regional cuma support untuk eksekusi rekomendasi-rekomendasi dari mereka.


-------------

Paginya dapat sms ucapan terima kasih dari Big Boss atas usaha semalam. Artinya gangguan sudah pulih, Alhamdulillah.. dan Yeah.. nda jadi Standby :p

Dan personally Sy mo minta maaf atas kextratidaknyamanan layanan kami. Dan terima kasih untuk masih setia bersama kami sampai hari ini. Seandainya saja Perusahaan ini punyaku pastimi Sy gratiskan nelpon seharian buat mencoba __meskipun tidak akan bisa__ mengganti kehilangan kalian kemarin. but here is my best shot, Ring gift anyone? :)

Padahal kami sudah sebegitu PD-nya menghadapi lonjakan traffic buat Idul Adha dan Tahun Baru karena rapor kami di Idul Fitri yang merupakan ukuran traffic terdahsyat sangat bagus. Mungkin kami jadi terlalu jumawa karenanya sehingga kehati-hatian dan ketelitian jadi sedikit terabaikan. Kesalahan yang sangat kecil sukses membuat network Tumbang. Sungguh sebuah pelajaran yang dahsyat.


*sebenarnya banyak kejadian-kejadian yang berlangsung malam tadi cuma karena classified terpaksami disensor, kalopun ada kesamaan nama ataupun tempat itu cuma kebetulan belaka..*


-------------

Back to hari ini...

Jadi semangat lagi karena agenda pemotongan Qurban hari ini tidak terganggu. Dan tadi adalah pengalaman pertamaku motong-motong daging sapi, ternyata seru juga. Adakah bakat penjual daging itu padaku? Dagging.. Dagging... Dagging... Dagingnya bu..

1 comment:

  1. iyo...masa sa ndak bisa kirim sms dan nelp ke mana2...hehhe, pakaballisi2 itu telkomsel..:p

    ReplyDelete