Tuesday, January 30, 2007

Butek

Setelah kurang lebih 3 bulan menunggu
impian pun jadi kenyataan
jum'at sore niyu2 sudah dalam dekapan
bahagia tapi ada ganjelan
tersadar setelah semua sudah terjadi
eforia yang menggelapkan hati
tak mampu menimbang peluang
dan tidak sadar bila sedang diuji
entah gimana buat menebusnya
mengembalikan hak kepada yang pantas
mencoba membeningkan hati yang membutek

Saturday, January 20, 2007

Happy New Year 1428H

Kepada semua saudaraku dimanapun dirimu berada, mau pro apa kontra dengan selebrasi ini, Daku ucapkan:

"Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1428 Hijriyah, Semoga di tahun yang baru ini Iman dan Ihsan kita lebih baik dari Tahun-tahun yang telah lampau, cita dan cinta kita terwujud dan konsisten berkontribusi kepada kebaikan.."

"Amin, Amin, Amin.. ya Rabbal Alamin"

Friday, January 19, 2007

Training ESQ

Baru saja kembali dari training Emotional Spiritual Quotient di Jakarta yang berlangsung tanggal 15 sampai 17 Januari kemarin yang berlokasi di Balai Kartini

It's a very Good Experience.
Dan perlu dicatat bahwa ini murni pendapat pribadiku, karena penilaian yang umum mengenai training ini adalah great and excellence training.

Sy memang sedikit pelit memberi nilai karena beberapa hal yang kurang pas di hati. Terutama pada bagian ketika lampu mulai dimatikan dan menyisakan suara trainer yang mencoba mengaduk-aduk perasaan kita yang buat Sy sangat berlebihan.

Terlepas dari kebodohan Sy karena mungkin saja lewat penelitian dan sebagainya begitulah cara yang efektif untuk "menyentuh" hati dan "men-zero-kan" pikiran, tetap saja terasa aneh dan tidak biasa, apalagi betapa miripnya teknik tersebut dengan ritual penganut agama lain..

Kalau bagian "matiin lampu" ini dikeluarkan Sy memberi nilai super duper excellence buat training ini.

Di banyak moment Sy takluk tanpa harus diobok-obok. Penunjukan kebenaran-kebenaran ajaran Rasulullah SAW dan ke-Maha-an Allah sungguh memaksa mata ini basah. Bahwa betapa beruntungnya Sy terlahir sebagai muslim sekaligus betapa hina dan ruginya Sy menjadi hamba yang masih segini-gini saja.

Sy sangat takjub dan terharu dengan Visi dari training ini yaitu untuk melahirkan manusia-manusia yang cerdas secara emosional dan spiritual sehingga kelak akan menciptakan Indonesia Emas pada tahun 2020 dan akan terus menyebar ke seluruh dunia sehingga Dunia Emas kelak tercipta pada tahun 2050.

Kalau peradaban Emas Islam tenggelam di sebelah barat di el-maghribi Andalusia, Insya Allah akan kembali terbit di sebelah timur di Indonesia. Wow.. Allahu Akbar.

-------------

Meski 3 hari di Jakarta tapi tetep saja tidak sempat melanglang Mall. Padahal ada beberapa item yang mau di-hunting. Semua karena adanya peluang bermain futsal yang tentu tidak kuasa ku tolak.

Walhasil sempatlah 2 kali main. Yang pertama di Simpruk dan yang kedua di deket mall ambasador. Both was a great experience karena untuk pertama kalinya Sy main di lapangan papan dan rumput sintetis. Ehm nyamanna

Next time kalo ke Jakarta Sy mesti nyusun schedule lebih akurat jangan sampai nge-mall dan futsal bentrok lagi.

Friday, January 12, 2007

3G Launching

Alhamdulillah selesai juga acara Launching 3G na..
Capek, penat, kram otak hilang sudah berbalas kelegaan.

Well, memang acara demo-nya tidak smooth. Video Call dan Mobile TV na tidak "pencet dan nyambung" karena dibutuhkan kesabaran buat beberapa kali nyoba.

Dari sore sih sudah mulai terasa network 3G di lokasi acara agak sesak napas. Maklumlah para undangan yang datang kompakan register dan langsung nyoba fitur-fitur 3G. NodeB yang sudah kita upgrade sampe 3x lipatpun megap-megap.

Langsung saja Kami para tukang jadi mendadak dangdut, eh mendadak ngetop. Dicari oleh banyak orang yang pada menuntut tanggung jawab kenapa begini kenapa begitu.

Beruntung acara di stage berhasil mengalihkan perhatian orang-orang dan larut dalam kuis dan games yang dipandu oleh VJ Cathy. Apalagi ketika Rebecca dan Ari Lasso tampil praktis orang-orang terlupa sama 3G. Network 3G pun kembali normal.

-------------

Untuk skala 1 sampai 10 acara launching ini personally Sy kasih nilai 5. 2 faktor utama penilaian tersebut adalah sedikitnya jumlah undangan yang hadir dan lokasi acara yang kurang pas.

Memang sih kalau mau lebih fair ada banyak faktor lain yang diluar kekuasaan kami yang tidak menunjang kesuksesan acara. Makanya buat rekan-rekan sekalian yang terlibat untuk menyukseskan acara ini tanpa ragu Sy beri nilai 9.

Monday, January 01, 2007

Tumbang Juga

Ternyata bener.. Networkku betul-betul tumbang setumbang-tumbangnya. Kado yang dramatis untuk memasuki 2007 :)

Kejadiannya mulai dari dinihari tanggal 31 Desember sampai dinihari tanggal 1 Januari. Semua pengguna prepaid plus pelanggan postpaid yang mengaktifkan fitur halocek ngadat dengan symptom tidak bisa melakukan call atau ngirim sms tapi sebaliknya buat terima kadang-kadang bisa.

Karena Sy salah satu pengguna fitur Halocek jadilah juga Sy sebagai korbannya. Terima telpon bisa tapi nelpon gagal. SMS dapet tapi tidak bisa nge-reply. Sebel berat, persis seperti yang dialami pelanggan-pelanggan lain yang budiman. Praktis seharian HPku cuma berfungsi sebagai jam.

Sehabis Shalat Ied, pulangnya dengan PDnya singgah di rumah teman yang orang Core __oh iyyo, kalo Sy orang Radioka__ karena yakin makanan lebaran sudah siap di sana dan sekalianlah mo bahas gangguan ini.

Setelah yakin problemnya pasti disisi core-nya dan juga setelah memastikan kampung tengah terisi dengan padat __balala mentong__, pamit pulang karena mo ngantar Sapi Qurban kantor ke Mesjid dekat salah satu BTS.

Habis itu ke kantor ngecek-ngecek sapa tau ada alarm. Trus nelpon Bunda numpang Telpon Fix kantor __sebenarnya ini yang utama__. Setelah yakin di sisi radio aman, pulang meka tidur buat persiapan acara makan-makan ntar malam.

Lepas Isya ke kantor lagi buat ngumpul sebelum ke resto buat dinner. Eh ternyata di kantor sudah lengkap petinggi-petinggi kantor. Langsung ka' larut __kayaknya lebih pas menggunakan kata "terjebak"__ dalam diskusi membahas gangguan yang terjadi.

Ternyata sodara-sodara.. Gangguan ini berskala Nasional!

*Kebayangmi muka-muka 30an juta orang yang mempercayakan sinyalnya kepada kami.. Duh, Maafkan kami..*

Ternyata __lagi__, gangguan terjadi di sisi IN atawa Intelligent Network __plis deh, intelligent?__. IN inilah yang mengatur per-pulsa-an pelanggan-pelanggan prepaid. Makanya yang kena impact-nya adalah pelanggan prepaid. Trus yang Postpaid kenapa kena, karena fitur halocek juga menggunakan fasilitas yang ada di IN. Hmm.. Cocokmi.

IN mengalami overload. Overload ini yang pasti bukan karena traffic. Simpelnya kejadiannya beginie, ada transaksi internal dalam database IN yang tidak sinkron dan terus-terusan nge-looping sehingga memakan resources processor, transaksi-transaksi yang lain jadinya nda terlayanimi. Nda bisa miki' nelpon sama sms-an. Begetoh...

Sempat juga keran nelpon gratis dibuka buat pelanggan prepaid. Prinsip Manajemen pokoknya Sinyal kita bisa dipake. Perkara nda dapat duit itu belakangan yang penting pelanggan sedikit terobati kekecewaannya. Nelpon gratis ini dibuat per 3 menit putus untuk menghindari overload di sisi Core dan Radio. Sayangnya overload itu tetap terjadi makanya tetap susah nelponnya. Kalo yang pake haloceks, teteps ngadats. Auch..

Sudah 9.30 malam, gangguan belum ada tanda-tanda membaik. perlahan-lahan hilangmi harapan makan-makan di resto dan berganti dengan bayangan kolonel sanders yang barusan di-order, paket 1 lagi dah...

Tim dibagi menjadi 2 untuk mengantisipasi gangguan jika masih berlanjut besok. Tim pertama standby sampe besok pagi. Trus Tim kedua ngelanjutin sampai sore dan seterusnya dan seterusnya. So pasti Sy pilih masuk ke tim kedua, lumayan bisa tidur, lagian 1.30 mi mumpung masih sempat tinro. Oh iyyo Gangguan full ditangani oleh teman-teman kantor pusat. Kita di regional cuma support untuk eksekusi rekomendasi-rekomendasi dari mereka.


-------------

Paginya dapat sms ucapan terima kasih dari Big Boss atas usaha semalam. Artinya gangguan sudah pulih, Alhamdulillah.. dan Yeah.. nda jadi Standby :p

Dan personally Sy mo minta maaf atas kextratidaknyamanan layanan kami. Dan terima kasih untuk masih setia bersama kami sampai hari ini. Seandainya saja Perusahaan ini punyaku pastimi Sy gratiskan nelpon seharian buat mencoba __meskipun tidak akan bisa__ mengganti kehilangan kalian kemarin. but here is my best shot, Ring gift anyone? :)

Padahal kami sudah sebegitu PD-nya menghadapi lonjakan traffic buat Idul Adha dan Tahun Baru karena rapor kami di Idul Fitri yang merupakan ukuran traffic terdahsyat sangat bagus. Mungkin kami jadi terlalu jumawa karenanya sehingga kehati-hatian dan ketelitian jadi sedikit terabaikan. Kesalahan yang sangat kecil sukses membuat network Tumbang. Sungguh sebuah pelajaran yang dahsyat.


*sebenarnya banyak kejadian-kejadian yang berlangsung malam tadi cuma karena classified terpaksami disensor, kalopun ada kesamaan nama ataupun tempat itu cuma kebetulan belaka..*


-------------

Back to hari ini...

Jadi semangat lagi karena agenda pemotongan Qurban hari ini tidak terganggu. Dan tadi adalah pengalaman pertamaku motong-motong daging sapi, ternyata seru juga. Adakah bakat penjual daging itu padaku? Dagging.. Dagging... Dagging... Dagingnya bu..