Saturday, March 10, 2007

MotoGP 2007

Mulai hari ini MotoGP Season 2007 digelar dengan Sirkuit Losail di Qatar sebagai tuan rumah pertama.

Hasil intipan di detik.com pole position diraih oleh Valentino Rossi. Grip terdepan kemudian dilengkapi oleh Casey Stoner dari Ducati dan Colin Edwards rekan setim Rossi. Kelihatannya Yamaha lagi unjuk kekuatan nih terutama ke Honda yang tahun lalu juara lewat Nicky Hayden. Honda sendiri cuma bisa nempatin pembalapnya diurutan ke-4 lewat Toni Elias. Sedangkan Sang Juara Dunia tahun lalu cuma bisa berada ngintip diurutan 10.

Kayaknya musim balapan ini akan sangat seru karena ini adalah musim pertama kelas teratas menggunakan motor 800cc. Tim-tim peserta tentu bertanding dengan motor-motor baru yang belum teruji dilevel kompetisi. So dari sisi mesin, bisa dibilang 21 pembalap yang bersaing memiliki kans untuk menjadi juara. Faktor yang akan sangat menentukan di musim ini adalah si Pembalap itu sendiri.

Ngomongin pembalap, Sy dan seluruh dunia tentu sepakat kalo the Doctor is the best. Apalagi yang sudah-sudah Valentinic sudah membuktikan bahwa dirinya adalah pembalap dengan adaptasi yang sangat baik. Kita tentu masih ingat ketika musim pertama kelas motoGP menggunakan mesin 990cc yang sebelumnya 500cc, Rossilah juaranya. Demikian juga ketika dia berpindah pabrikan dari Honda ke Yamaha, titel Juara dunia langsung diraihnya. Nah musim ini, dengan motor anyar 800cc, Kayaknya Rossi lagi deh :)

Tim Favoritku adalah Ducati. Bukan apa-apa, motor-motor keluaran Ducati memang sudah lama jadi pengisi mimpiku. Sehingga ketika Ducati ambil bagian di MotoGP langsung deh mendaftar jadi fansnya. Dengan kombinasi tua-muda loris dan stoner, kayaknya musim ini bakal jadi musim terbaik Ducati!

Selain Rossi, 2 rider favoritku adalah Marco Melandri dan Toni Elias. Kebetulan mereka 1 tim lagi. Gaya membalap mereka sungguh menghibur. Aksi-aksi brilian mereka musim lalu adalah ketika Melandri juara di Philips Island dan Toni mempecundangi Rossi di Estoril. Rossi sampe bilang, "Toni rides like the devil". Mereka bertiga ini adalah raja power slide dan late braking.

Soal Honda, dari sisi mesin mereka yang terbaik. Apalagi didukung oleh budget yang besar dan pengalaman "leading" bertahun-tahun. Young guns mereka juga hebat-hebat. Pedrosa dan Melandri sepertinya bakal jadi ujung tombak Honda.

Tim-tim lain kayak Suzuki dan Kawasaki semoga bisa lebih kompetitif musim ini. Karena sebenarnya dari speed mereka tidak kalah, problem utama mereka adalah realibility mesin. Mudah-mudahan saja mereka sudah bisa mengatasi masalah tersebut sehingga rivalitas di sirkuit bisa lebih dahsyat.

----

Enough sok taunya... Pokoknya 8 bulan kedepan lewat 18 Sirkuit, Ahad sore (kecuali Qatar dan Belanda yang menggelar lomba hari sabtu) Ek tidak bisa diganggu gugat. Kecuali Jombloku berakhir, yah bisa nego deh..

Sepang at October? I still had the dream, just wait and see because unlike the previous year, this 2007 could be my toughest year. OPTIMISTICO!

All rider... Start your Engine!!!!

No comments:

Post a Comment