Monday, November 12, 2012

Career Management

2 pekan lalu Sy ikut training yg salah satu bahasannya adalah tentang Career Management (CM). Alhamdulillah, tambahan ilmu yg luar biasa.

Di CM ini diajarkan bahwa karir ada di tangan kita sendiri, tidak di HR tidak pula di Bos. Kitalah yang paling bertanggung jawab hendak seperti apa karir kita kelak.

Untuk itu kita mesti punya vision 5 tahun kedepan kita mau seperti apa. Buat Plan A, Plan B dan Plan C nya. Kemudian bangun kompetensi kita sendiri untuk ketiga plan tersebut.

Konon perusahaan-perusahaan yg sukses akan menginvestasikan 8-12 % dari keuntungannya untuk R & D, untuk pengembangan Perusahaan.

Nah kita pun mestinya demikian, let's say 10% dari gaji mesti kita gunakan untuk self development untuk persiapan mencapai Plan A, B dan C. Self development ini misalnya dengan beli buku, ikut seminar, magang, kuliah lagi dan lainnya.

Dalam karir ada siklus 3 tahunan. Tahun pertama Learn, tahun kedua Performing dan tahun ketiga Developing. Yang krusial adalah di siklus ketiga, dalam tahun ini kita mesti sudah menyiapkan diri untuk promosi dengan developing our self. Jadi kita mesti tahu dan menguasai kompetensi apa saja yg dibutuhkan untuk posisi tersebut. Sambil developing our self kita juga develop orang lain yang kita siapkan untuk mengambil alih tugas dan kompetensi kita ketika kita 'pergi'. So tidak ada lagi alasan si bos nahan-nahan kita karena kita belum kompeten di tangga berikutnya atau karena tidak ada yg bisa gantiin kita ketika kita 'pergi'.

Pergi pake tanda kutip?. Ya, karena bisa berarti 2 hal. Yang pertama kita sukses pindah ke posisi yg lebih tinggi (Plan A) atau yang kedua kita pergi mencari perusahaan lain yg bisa menghargai kita lebih baik (Plan B) karena di perusahaan yg sekarang ini tidak ada peluang untuk promosi.

Bila kita sangat kompeten maka perusahaan-perusahaan lain akan berlomba-lomba... ehm, okelah dalam kasus kita yang sudra ini perusahaan tidak sampai berlomba-lomba lah tapi bersedia atau sangat bersedia menghargai kompetensi kita dengan lebih baik.

Lah trus kalo ternyata tidak ada perusahaan yg nerima? this is why we create Plan C. Kita masih bisa jadi enterpreneur, peternak, padangkang atau paggalung!.

Just don't give up and keep your career in your hand.

No comments:

Post a Comment