Daisypath Anniversary tickers

Friday, June 06, 2008

Profesi 2 Tahunan


Setiap 2 ajang sepak bola akbar ini berlangsung, Piala Dunia dan Piala Eropa, ada 2 profesi yang tiba-tiba Sy lakoni, Begadanger dan Komentator.

Untuk scope Piala Eropa, Sy memulai karir sebagai begadanger di Euro 92. Waktu Finalnya berlangsung, Sy seorang diri menonton Denmark vs Jerman. Kebahagiaan Sy atas kemenangan Denmark mesti Sy tahan tidak melewati tenggorokan karena disekitar Sy Om2, Tante2 dan Spupu2 tergeletak kecapean karena siangnya adalah acara pindahan rumah Om Sy.

Meskipun sebenarnya Sy sedikit BT sama Denmark karena ngalahin Belanda di semifinal, tapi kebencian Sy sama Jerman lebih tinggi derajatnya. Soalnya 2 tahun sebelumnya, Jerman ngalahin Argentina di Final Piala Dunia.

Karir Sy kemudian menjadi lengkap setelah lingkungan pergaulan Sy meluas. Sy sekolah STM di Makassar, pas perhelatan WC 94. Rupanya di sekolah terdapat banyak komentator amatiran yang memperoleh bahan analisis dari Tabloid Bola yang dibeli patungan. Bisa dibayangin kan garingnya perdebatan yang terjadi.

Besok Euro 08 akan dimulai dan Sy masih setia melakoni kedua profesi 2 tahunan ini.

Sebagai Begadanger, tidak banyak yang berubah. Matchday-matchday kebanyakan Sy habiskan dengan nonton sendirian kecuali bila kantor ngadain Nobar. Selain nuansa rame-ramenya, biasanya sambil menunggu kick off diadakan duel Winning Eleven yang bagi Sy adalah daya tarik utama. Untuk Nobar di kafe atau di hotel, Sy selalu terhalangi oleh bayangan pekatnya asap rokok dan aroma alkohol yang Sy buenci.

Sebagai Komentator, perkembangan Sy cukup maju. Bahan Sy tidak lagi bergantung sama tabloid bola yang belinya urunan itu. Di kantor, koran dan terutama internet selalu tersedia. Pentas adu komentar pun tidak hanya di lingkungan kelas saja. Sy sekarang sudah bisa menulis di blog Sy ini atau ikut bersahut-sahutan di milist-milist yg Sy ikuti. Kemampuan analisis Sy pun melebar cukup hebat. Tidak terbatas aksi-aksi di lapangan hijau saja karena komentator profesional di TV pun bisa Sy komentarin!.

Selamat datang EURO 2008!
Selamat datang BEGADANG!
Selamat datang KOMENTATOR!

3 comments:

  1. baru tahu kalau begadangers and komentator itu profesi. "manggut2.." kalau profesi berarti menghasilkan dunk yak....... hehhehehe salam begadangers aja ya....

    ReplyDelete
  2. Jerman vs Spanyol di final..
    sy pegang Jerman..!!!

    gara2 2 unggulanku sudah pulang duluan...:P

    ReplyDelete
  3. Yihaaa!!
    Euro edisi ke XIII ini memang pas.
    Espanaku Juara!!

    :))

    ReplyDelete