Thursday, November 23, 2006

3G

Akhirnya teknologi ini sampai juga ke Balikpapan..

Menurut rencana besok 1 Node-B yang dipasang di kantor sdh akan live. Node B trial lah istilahna. Karena ini trial dimungkinkan muncul banyak masalah. Nah Kita' yang warga Balikpapan yang kebetulan lewat di kawasan Ahmad Yani dan sudah register 3G hati-hati ki' jangan sampai kita' kebagian getahnya, mohon maap seperusahaan sebelumnya..

Memang dengan 18 Node-B *yg 17 segera menyusul* ini belum akan meng-cover seluruh kota tapi yang penting kawasan kontrakan-ku sudah masuk area 3G di phase I ini. Sudah gatal mo browsing dengan better speed *nda berani ka' bilang high speed* nih di kamar.. Update blog.. Blogwalk.. cek imel.. ih nyamanna..

Oh yah, Makassar malah sudah dari senin kemarin trial dengan 3 Node-B. Cuma Sy belum tau titiknya di mana. Temanku yg mo Sy tanyai nda angkat2 blah telponku..

Trus untuk Launching 3G mungkin pertengahan Desemberlah. Tergantung pemerintah ngasih sertifikasi ULO apa nda. Makassar kayaknya sih bakal duluan, namanya juga kantor area makruhlah kalah sama regional toh..

eh sapa tau Sy diundang ke-launching 3G Makassar di', Calon DirOp inie.. *ayo semua... amiiin*

*Node-B = Pemancar 3G*
*ULO = Uji Laik Operasi*

Karena ini barang baru, maklum selama 9 tahun ini cuma bergelut dengan 2G, PR besar buat Sy nih buat belajar system 3G. Tadi sudah coba-coba browsing nyari e-doc, lumayan banyak dapatnya dan sekilas mahluk ini memang sangat menggemaskan..

hmm.. bakal training kemana yah.. Overseas please..

3 comments:

  1. Amiiiiin! Smoga training-nya ke sini, hehehe...

    ReplyDelete
  2. Mas, knapa pemerintah kita ga pake WIMAX saja langsung ya? Kayaknya sengaja mo nunda-nunda deh ^_^ Apalagi kao bukan uang alasannya. Padahal, ditinjau dari semua sisi teknologi dan manfaat ekonomi, 3G ga ada apa-apanya dibanding WIMAX. Hehehe, dasar Indonesia memang negara kapitalis kali ya ^_^ Bukannya mencerdaskanrakyat, malah memeras rakyat ^_^

    Salam,
    Muhammad Ilham

    ReplyDelete
  3. Honestly Sy tidak bisa,sanggup,kompeten untuk menjawab pertanyaanta'

    Cuma sedikit gambaran bahwa 3G adalah teknologi keluaran dari badan Telekomunikasi Internasional (ITU-T) sehingga tidak heran kalo Operator Seluler yang mengikuti evolusinya dan komersillah si 3G ini

    Kalo WIMAX standarisasinya oleh badan IT internasional (kalo nda salah IEEE apa gitu..) sehingga diadopsinya oleh IT guys ji. Karena frekuensi yang dipake di band gratis maka sampe sekarang WIMAX tidak komersil.

    ReplyDelete