Thursday, May 31, 2007

Because Smoking is a Sin

Hari ini adalah hari bebas Tembakau sedunia (kenapa bukan hari bebas rokok yah) dan yang segera on di palaku adalah 2 orang ini. Pertama Bapak yang ada di sini (he's still doing it, damn) dan yang kedua adalah Bapa'na Putri, Sahabatku.

Flashback....
Setiap bersua dengan sahabatku, Sy sering menggugat kebiasaan merokoknya. Hanya saja selalunya Dia bisa mengelak dengan cerdik (maklum jebolan FH). Kecuali ketika perjumpaan terakhir Sy mengganti model pertanyaan menjadi, "Bro, masih menzalimi diri sendiri yah?". Kali ini Dia speechless.
Setiap orang berpendidikan, minimal bisa baca lah, tentu sudah mahfum bahaya merokok ini. Ka di setiap kemasan rokok "peringatan pemerintah" selalu ada. Dengan Logika sederhana bahwa yang mbikin saja sudah mengakui produknya berbahaya, kita mestinya sudah bisa berpaling dan berhenti merokok. Tapi bila tulisan mini itu masih kurang meyakinkan, dengan sedikit usaha saja, googling misalnya, kajian super-duper ilmiah dari para Ilmuwan bisa kita dapatkan.

Kalo masih belum yakin juga... I bet you wether a smart ass or a hard ass :)

Kita coba deh perspektif yang lain. Try these link:
Nah, sekarang cemmana?
Well, it's all yours now...
Berhentilah menzalimi dirimu sendiri. Dan asal engkau tahu kezalimanmu itu termasuk kepada orang-orang yang ada di sekitarmu ketika engkau merokok.

*Maafkan bila tak pernah ada ruang rokok di rumahku*

Monday, May 28, 2007

Olimpiasel III 2007 (Yang tersisa)

Yang tersisa dari Olimpiasel 2007:
  1. Sampai hari ini Lutut kiriku masih bengkak. Jadinya Sy tidak bisa sholat dengan normal karena kaki tidak bisa ditekuk (no way for iftirasy) dan kesulitan bangkit berdiri. Sholat sambil dudukpun terpaksa dalam posisi bersila.
  2. Sendal Jepit kesayanganku yang sudah menemaniku ke jepang, ke singapura, pulkam sekian kali, olimpiasel 2 kali, pokoknya kemanapun Sy pergi 5 tahun terakhir ini, hilang di Stadion. Whua.. nda rela ka...
  3. Telapak kaki bagian dalam dan jempol kaki melepuh hebat. Bahkan yang kiri sampai berdarah di pertandingan terakhir. Padahal sudahmi Sy prevent dengan masang plester luka. Lain kali sekalian Sy pasangi pembalut saja.
  4. Area sekke' sekali!. Masa kostum nda boleh dibawa pulang, kan sudah berhasil ngasih perak. Kerennya mi itu yang diadora. Padahal ada juga yang tidak nyumbang medali tapi dapat 2 kostum lho.
  5. Panitia sekke' sekali!. Masa penyelenggaraan kali ini pemenang cuma dapat Piala. Secara piala cuma 1 biji itupun mesti bersemayam di kantor Area jadinya kita-kita nda punya kenang-kenangan pribadi. Mana medalinya? Apa kata anak-cucuku nanti?. Ada sih Voucher Hypermart senilai Rp. 150rb. tapi itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Medali Perak-ku. GIMME MA MEDAL!!!!
  6. Panitia sadis sekali!. Masa jadwal bertanding 2x sehari diwaktu-waktu terik itupun dengan kuota 15 pemain saja yang kesemuanya bukan Atlit. Bandingkan dengan Piala Dunia dimana 1 tim terdiri dari 23 Pemain dan bertanding paling tidak 3-4 hari sekali. Dan catat kerjaan mereka semua adalah bermain bola. Fuih... Heba' ta' di'..
  7. Ampun meka.. Kalo sistem bertanding di Olimpiasel depan masih seperti itu, terpaksa Sy mesti resign dari Timnas, eh maksudnya Tim Area. Ka dari 2 Olimpiasel terakhir Sy selalu berakhir dengan cedera lutut. Itu umur masih di bawah 30 tahun. Gimana 2 tahun depan? Umur sudah tua, lutut pasti ikut tua toh. Lagian stok gelandang di Pamasuka tidak ada habisnya ji.
  8. Usul buat Panitia, waktu bertanding di geser lebih pagi dan lebih sore lanjut ke malam hari. Toh yang nonton juga minim kok. Opsi lain sih main di Lapangan Bola Indoor cuma yang terdekat adanya di Singapura dan yakin Direksi tidak akan mengijinkan :D. Pilihan yang lain adalah mengganti Sepak Bola dengan Futsal. Cuma sayangnya saat ini gengsi Futsal masih di bawah Sepak Bola. Nah kalo 2 tahun depan gengsi futsal menaik ya sudah Futsal mo saja :)
  9. Usul buat Area, agar setiap ofisial tim dilengkapi juga dengan tools dokumentasi. Sayang kalo aksi-aksi ta' tidak ada yang abadikan :)
  10. Usul buat yang nulis. Perbaiki staminamu!! :))

Friday, May 25, 2007

Olimpiasel III 2007 (In Picture)

Sebelum pertandingan pertama, bagaya dulu


The Pamasuka's Squad


Sayang nda ada medalinya, pose sama piala lah

Thursday, May 24, 2007

Olimpiasel III 2007 (D2)

Partai 3, 9.20 AM
Vs Area 2, 0-2


Partai yang sangat berat. Melawan Juara bertahan tanpa kiper dan striker utama karena dua-duanya cedera. Apalagi striker mereka terkenal yahud (Kardi?). Terbukti beberapa kali dia lolos dan membahayakan gawang kami. Setelah beberapa kali akhirnya Bek kami melakukan kesalahan dengan menarik baju dan menjatuhkannya dalam kotak penalti. Lawan dapat penalti dan Gol. 0-1

Pelatih kemudian melakukan pergantian pemain untuk khusus menjaga Mr. Kardi ini. Dan sepertinya bakal sukses. Pertahanan mulai aman. Sayang di babak kedua kembali gawang kami bobol dari bola mati. Tendangan bebas sialan. Sy nda sempat liat golnya karena sudah keluar dan sedang berkonsentrasi menghirup oksigen. Mungkin sih faktor kiper lagi (kaleeeee... nda tau juga). Oh yah, Tadi cuma sempat main di babak pertama saja.

Dengan kemenangan ketiga ini Area 2 sudah memastikan kembali menjadi Jawara.

Partai 4, 3 PM
Vs Area 3, 3-1


Partai ini adalah partai terakhir dari Cabang Sepak Bola. Area 2 kembali menjadi jawara sejati dengan kemenangan full 4x, terakhir mereka ngalahin HQ juga dengan 2-0. Sekarang kami berebut tempat kedua dengan tim dari Area 3. Bila kami menang maka medali Perak menjadi Hak kami, bila kalah sepertinya akan berakhir tragis di posisi 5 lagi.

Beberapa menit sebelum mulai, Striker utama kami, Bambang, menyatakan diri siap bertarung, cederanya membaik. Langsung saja semangat bergelora lagi. Kita bakalan menang!.

Terbukti, hanya selang beberapa menit di awal babak pertama, kami sudah leading 2 gol dari Bambang. Setelah itu pertandingan jadi berimbang. Menjelang akhir babak pertama salah seorang gelandang kami cedera dan mesti diganti. Yes, I'm in! cuma konyolnya baru beberapa detik Sy masuk, eh waktu habis. Belum sempat nyentuh bola euy!.

Babak kedua berlangsung seru. Serangan silih berganti. Sy kali ini diplot jadi gelandang bertahan sebelah kanan (sebelumnya di gelandang serang). Dan kurang ajarnya Area 3 selalu memulai serangan dari sayap kirinya. Jadilah Sy kerja keras banting tulang. Baru setengah babak berlangsung kayaknya betisku sudah mengeras, menuju kram. Beruntung Sy masih bisa bertahan sampai akhir.

Gol ketiga adalah hasil aksi Solo sang Kapten, Sabri, melewati beberapa orang pemain lawan sebelum akhirnya mengecoh kiper, Cool!.

Beberapa menit kemudian Area 3 berhasil memperkecil kekalahan lewat gol yang cukup indah, bola lob melewati kiper yang sudah terlanjur maju. Skor 3-1 tidak berubah sampai akhir pertandingan.

Begitu peluit akhir ditiup, kami berlarian, bersalaman, berpelukan, merayakan kemenangan dan serasa menjadi juara. Betapa tidak, medali perak sudah jauh lebih baik di banding peringkat ke-5 2 tahun yang lalu. BRAVO PAMASUKA!!!

KLASEMEN AKHIR
  1. Area 2 (P 12, SG 10-0)
  2. Area 4 (P 6, SG 6-5)
  3. Area 3 (P 4, 1-5)
  4. Area 1 (P4, 2-7)
  5. HQ (P 3, 2-5)
Brian sudah keluar rumah sakit dan hasil pemeriksaan 3 dokter ahli (Ahli Syaraf, Mata dan THT) menyatakan He is Fine.

Me?... Lututku sakit sekali, yang kanan kayaknya mulai mo nyusul yang kiri nih.. yang kiri.. bengkak...

Wednesday, May 23, 2007

Olimpiasel III 2007 (D1)

Partai 1, 9 AM
Vs Area 1, 3-0


Revenge sukses kami lakukan, tuntas. Kekalahan dengan skor yang sama 2 tahun lalu berhasil dibayar lunas. Sayang kemenangan ini mesti kami bayar sangat mahal karena kiper utama kami cedera berat setelah ditabrak oleh striker lawan. Cederanya sampe ngeluarin darah dari hidung dan mulut. Padahal mestinya bisa dihindarkan, Orang kiper sudah megang bola dianya tetap nerjang. Kalo saja lupa bahwa lawan adalah teman kantor sendiri, mungkin sudah #%^@^%@!.

Oh yah, Memang nyaman sekali rasanya kalo menang di' :D
trus Sy?... Sy cuma sempat berkontribusi di 10 menit terakhir.

Partai 2, 2 PM
Vs HQ, 0-2


Mengezutkan!
Masalahnya dari hitung-hitungan kami, Tim HQ ini adalah yang terlemah. Soalnya 2 tahun lalu, satu-satunya point yang kami dapat ya hasil bermain imbang dengan mereka ini.
Memang sih kondisi kami sangat buruk, belum sempat recovery. Baru aja main jam 9 pagi, jam 2 main lagi. Sedangkan lawan masih fresh karena baru pertama kali main. Selain itu karena faktor kiper. Gol pertama HQ dari tendangan bebas di awal Babak pertama. Bola sebenarnya mengarah ke kiper, cuma mungkin posisinya nda pas, taggantungmi kipernya. Gol kedua mereka cetak memanfaatkan kocar-kacirnya pertahanan kami di pertengahan babak kedua.

Di partai ini kami betul-betul hancur. Lelah dan Panik. Seharusnya bila kami bermain lebih tenang dan tidak buru-buru melakukan pergantian pemain hasilnya bisa beda.

Sy? main full di babak pertama dan substituted di babak kedua. Main jam 2 bo'! stamina langsung hancur berantakan. Hari ini sy pulang dengan kepala pening sangat karena over heated.

Klasemen Hari Pertama
  1. Area 2 (Point 6, Selisih Gol 6-0)
  2. Area 4 (P 3, SG 3-2)
  3. HQ (P 3, SG 2-1)
  4. Area 3 (P 3, SG 1-2)
  5. Area 1 (P 0, SG 0-7)
Malam ini, Brian sang Kiper, dirawat inap di MMC. Moga-moga hasil pemeriksaannya baik-baik saja.

Tuesday, May 22, 2007

Olimpiasel III 2007 (D-1)

Insya Allah besok Olimpiade Telkomsel yang ke-3 akan dimulai. Olimpiasel ini, sama dengan penyelenggaraan 2 tahun lalu, diikuti oleh 5 Kontingen, 1 dari Kantor Pusat dan 4 dari Area. Adapun Ke-4 Area tersebut adalah :
  • Area 1 adalah Sumatra
  • Area 2 adalah Jakarta dan Jawa Barat (termasuk Banten)
  • Area 3 adalah Jawa Bali Nusra
  • Area 4 adalah Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan)
Cabang-cabang yang dipertandingkan adalah: Sepak Bola, Bola Voli, Bola Basket, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Billiard dan Catur. Trus sistem pertandingan yang dipake adalah setengah kompetisi. Oh yah, yang terbaru di penyelenggaraan kali ini adalah Telkomsel Idol, ya kontes nyanyi gitu lah.

Now cut the craps.. mulai sekarang kita ngomongin Sy dan Sepak Bola saja. Titik.

Alhamdulillah kali ini Sy kembali berpartisipasi untuk yang kedua kalinya di cabang Sepak Bola. Meski lututku belumpi 100% tapi karena masih penasaranka' dan sepertinya ada harapan tahun ini bisa dapat medali, nekat meka' berangkat juga.

Harapan ini muncul setelah sedikit "investigasi NIK". Ternyata tim ini terdiri dari pemain-pemain muda. Sebagai ilustrasi, Sy yang 28,5 tahun ini kayaknya yang tertua ke-3 dari ke 15 pemain. Trus soal materi Pemain, untuk yang dari Regional Kalimantan Sy jamin lah kualitasnya (excluded me nah!) sedangkan yang dari Regional Sulawesi, melihat NIK-nya, kayaknya bisa juga diandalkan.

Kembali ke 2 tahun yang lalu, waktu itu kami pulang dengan membawa point 1 biji hasil 1x Seri dan 3x Kalah, sehingga dengan mutlak berada di urutan Buncit. Waktu itu materi pemain memang agak-agak lapuk lah. Sehingga dengan schedule bertanding yang ganas, 2 kali sehari selama 2 hari berturut-turut di jam-jam terik, dengan cepat kita kekurangan pemain (pada cedera) sehingga kehabisan strategi. Walhasil di partai keempat, pemain-pemain dari cabang lain terpaksa direkrut untuk menuhin kuota 11 orang. Geblek.

Kembali ke Tim 2007 ini, melihat umur pemain, Optimisme layakmi membuncah. Paling tidak, sampai partai keempat, semuanya masih siap bertarung, sehingga musuh, kalo memang bisa mengalahkan kita, mesti berdarah-darah dulu.

*Let's see, how far this team can go*

Friday, May 18, 2007

Mati Gaya

Rambutku sudah mulai numbuh lagi sejak bergundul lebih sebulan lalu dan sekarang sedang bandel-bandelnya. Dengan panjang 3,5 sentian *Sy ukur lho!*, tak ada sisir yang mampu mengaturnya. Dalam kondisi kering rambutku lurus tegak berdiri tanpa bisa diapa-apain lagi. Mati gaya.

.............

2 hari lalu salah seorang rekan dari Bontang transit di kantor sebelum ber-long weekend ke jawa bersama Istri dan Baby-nya yang baru berumur 2 bulanan. Sy, sebagai jomblo terdahsyat *baca: tertua*, didaulat untuk menggendong si Baby. Sy tentu dengan senang menyambut tantangan tersebut, hitung-hitung penglaris. Halah.. :)

Masalahnya sejak si Baby di handover ke Sy sampai beberapa menit kemudian diambil kembali sama emaknya, Sy nda berani bergerak sedikit pun karena takut salah cara ngegendongnya. Tapi kehati-hatian versi Sy ini berbeda dengan kacamata teman-teman yang lain karena sorakan yang disertai tawa bahagia *baca: biadab* mereka semua yg Sy dengar kemudian adalah, "Woe, lu mati gaya ya!".

Tuesday, May 15, 2007

Option File WEPES 2007 vs Memory Card-ku

Sempat berhari-hari mainin ni game dengan database standar bawaan game yang tentu saja sudah pada basi. Seperti biasa Konami tidak pernah menyesuaikan databasenya dengan kondisi terupdate Player transfer. Belum lagi nama klub-klub Inggris yang karena tidak berlisensi jadi pada ngawur semua. Hal yang sama juga dialami oleh klub-klub Amerika Latin. Kalo kostum tim? Ancur!. Di seri ini kita juga mesti kehilangan tim-tim dari Bundes Liga. Grrr...

Cara terampuh untuk segera mengupdate semua kekurangan diatas adalah lewat Patch. Hanya saja cara ini perlu waktu lama karena menunggu hasil semedi dewa-dewa patch yang bisa bulanan. Konon sangat sulit membongkar proteksi file-file kostum timnya.

Cara yang lain adalah dengan mengedit sendiri lewat In game Editor yang makin lama makin powerfull. Cuma.. Sy terlalu sibuk untuk mengerjakan semua satu-satu -padahal memang tidak mampu, lagian Sy selalu percaya ada WE Freak diluar sana yang akan melakukannya dan dengan senang hati membagi option file-nya :)

Setelah lama searching kesana kemari nda dapet-dapet akhirnya setelah nyaris tak berdaya meja sebelah -salah satu tetua WE di kantor :) ngasih tau kalo dia sudah punya. Dan setelah usut punya usut ternyata selama ini Sy salah tempat nyarinya. Selama ini Sy nyarinya ke web dan forum Eropa, padahal ni game belum beredar di sana karena memang katenye Winning Eleven: Pro Evolution Soccer 2007 ini untuk pasar Amerika Utara! Trus kenapa Sy bisa dapetin nih game?, itu karena Sy hidup di Indonesia.. lho?

Abis ngopy tu Option file ternyata masalah belum selesai. Soalnya tiap kali Sy coba load pasti gagal dan error. Tapi kalo makenya Memory Card punya teman, bisa. Weleh-weleh curigation langsung tertuju ke Memory Card-ku.

Setelah diamat-amatin, dibanding-bandingin dan dibongkar-bongkar, dengan gagah berani Sy simpulkan kalo Memory Card-ku ini yang tidak original punya. Bisa dilihat dari Chipnya yang mereknya nda jelas juga dari sekrup dan casingnya yang kurang meyakinkan. Huugh!

Beberapa hari Sy hidup dalam ketersiksaan yang dalam, larut dalam nestapa. Betapa semuanya sudah kulakukan untukmu. Copy pake flash disk gagal, pake Code breaker nda jalan, pake System browsernya PS2 nihil, pake in game option file manager pun nda sukses. Trus apalagi yang harus kulakukan? Oh, Memory Card-ku.. kenapa engkau lakukan ini padaku!

Di satu malam yang indah.. ketika Sy sedang nonton DVD Heroes, tiba-tiba saja muncul ide soal si Memory Card ini.. -ide ini nda adaji hubungannya dengan itu film nah. Jangan-jangan tuh Memory Card karena Chipnya nda jelas, kapasitas juga jadi nda jelas, yah lebih kecil dikitlah dibanding dengan Memory Card yang original. Langsung beberapa skenario untuk menguji hipotesa itu berseliweran di palaku. DVD dimatikan, PS2 kunyalakan.

Dengan menggunakan fasilitas in game editor plus metode copy-save-load, satu-satu sy cobain. Mulai dari database pemain, team data, emblem, logo, nama stadion dan nama liga. Dan terbukti lewat cara ini ketahuan kalo ternyata sumber error itu adalah di emblem. Sepertinya Memory Card-ku ini tidak bisa menampung semua emblem yang sudah di-create dalam option file. Kemudian Sy hapus beberapa, coba save.. load.. and Voila... working like charm..! and I get my days back!

*woe! main WE terus... kapan hunting jod-nya?!*

Friday, May 04, 2007

Dapat Dopod

Baru saja trima Handphone Dopod 595 gratis dari Kantor. Handphone ini adalah kebijakan perusahaan dalam rangka menyongsong era 3G. Jadi tiap karyawan tidak ada alasan lagi nda ngerti 3G kalo ditanyain oleh pelanggan. Sejalanlah dengan salah satu budaya perusahaan, Customer Intimacy.

Tapi ada 3 hal yang membuatku kurang sreg sama nih Dopod:
  1. Operating Systemnya adalah Windows Mobile. Ka Sy sudah sangat nyamanmi dengan Symbian OS. Soalnya banyak skali aplikasi symbian yang sy andalkan untuk sehari-hari yang entah apa WinMobile bisa provide, seperti:
    • Field Test, buat ngintipin network 2G (sayang di 3G nda jalan)
    • Celltrack, buat ngeliatin Cell ID BTS.
    • MumSMS untuk memfilter SMS Network Alarm yang tiada henti
    • Gina, juga buat filter SMS.
    • Papyrus, Scheduler buat sehari-hari
    • Handy Dates, buat reminder ultah
    • System tools, buat flight mode, matiin running aplikasi, ganti logo.
    • dll... dlll..
  2. Waktu terima tuh Handphone ada Surat pernyataan yang mesti Sy tandatangani. Dan setelah Sy baca baik-baik, Handphone ini kok terasa jadi beban yah.. ka diisitu disebutin:
    • Adalah aset kantor dan jadi tanggung jawab pemegang selama 2 tahun.
    • Selama 2 tahun tidak boleh dijual atau dipindahtangankan. (kalo digadaikan?)
    • Bersedia menerima sanksi administratif bila melanggar point-point (ada 8 kalo nda salah) dalam surat pernyataan tsb.
  3. Sy telah jatuh cinta sama E90 :)
Well, karena ini gratis rasa Syukur tetep wajib diucapkan, Alhamdulillah. Tapi berhubung nda pas di hati, mulai sekarang sudah mesti mempersiapkan diri untuk menghadapi sanksi administratif sambil nunggu E90 keluar :)

Dijual, dijual, dijual.. Dopod 595, bisa charging pake port USB, browsing lebih asyik, imel kantor (Microsoft Exchange only) bisa ActiveSync :)

*apa di' sanksi administratifnya, berat nda ya...*

Thursday, May 03, 2007

Training: Creating Service Culture

30 April - 2 Mei 2007

Waktu dapat kabar dari SDM untuk ngikutin training ini seperti biasa Sy tanggapi dengan; SUKA CITA! ya iyalah.. jokka lagi, jakarta lagi, nambah mileage gff lagi... ah senangnya :)

Oh yah sekarang yang versi sedikit serius... Selain SUKA CITA karena 3 hal tadi.. juga karena memang trainingnya kedengaran sangat menarik, CREATING SERVICE CULTURE. Ih pasti seru ini, kapan lagi bisa belajar "MELAYANI" toh..?

Tapi.. Sayang sekali 3 hari training berlangsung ekspektasi Sy tidak wujud. Dari awal sudah tidak meyakinkan memang. Tidak ada schedule dan tidak ada modul. Abis itu trainernya berganti-ganti, sampai 4 orang. Rasanya 3 hari itu Sy ngikutin 4 training berbeda. Nda terasa benang merahnya blah... orang tali merah saja belum tentu bisa kurasa...

Ok, Lupakan soal benang merah. Ada satu cerita yang menarik di hari pertama. Si Bapak Trainer ini sepertinya fokus materinya ada di creativity, My favorite. Si Bapak membuat tantangan bagi siapa saja yang bisa menjawab 9 dari 10 soal maka seluruh kelas akan ditraktir dengan budget 5 Jt. Sayang sekali Sy cuma bisa dapat 7 padahal mestinya bisa 9.

Yang pertama karena Sy telat sadar kalo soal-soal yang diberikan adalah soal-soal tricky. Kita mesti keluar dari belenggu asosiasi sehari-hari yang sudah begitu kental untuk menjawabnya, open mind gitu lah. Ya mirip-mirip virus tktQ+ kemarinlah :). Soalnya adalah Soal#1: "Apa yang anda ketahui tentang Gudang Garam?" jawaban umumnya adalah Rokok tapi yang sebenarnya adalah ya gudang tempat nyimpan garam. Moka ralatki tapi karena peraturannya nda boleh ada coretan di kertas jawaban yo wes... SALAH.

Yang kedua karena Sy rasa si Bapak agak curang. Tapi karena salah satu butir dari peraturan adalah "Jawaban juri tidak dapat diganggu gugat" sudahmi.. salah meka. Soalnya adalah soal#7 (kalo nda salah): "Berapa separuh dari 8?" jawaban yang benar menurut si Bapak adalah 4, padahal kalo diliat dari tren jawaban dari soal-soal harusnya bukan itu jawabannya. Sy sudah sangat PD kalo jawabannya adalah 0. Kan dia bilang separuh, bukan setengah.. But He's Ruled huh... SALAH lagi.

Nyaris saja makan-makan.. :D

soal#6 Sy angkat tangan, susahki memang: "Bagaimana membuat IX (angka romawi) menjadi 6?