Thursday, March 29, 2007

Dia dan Web Jadulku

Sebuah perjalanan ke masa lalu spontan Sy alami ketika tidak sengaja Web Jadulku kutemukan. It's suddenly take me to 1998. My culun era but with a real love.

1998 adalah tahun pertamaku bekerja dan tinggal di Palangkaraya. Ceritanya waktu itu tergerak untuk bikin web buat tempat curhat. Maklumlah jauh dari kampung dan orang-orang yang disayang.

Setelah Sy coba kacca-kacca Web Jadul ini baru sadar kalo Web ini ternyata "Dia" banget. Passwordnya itu loh, it's all about her :). Ya harusnya nda heran sih karena waktu itu memang lagi berbunga-bunganya dan memang fakta kan sering menunjukkan kalo Diriku ini adalah pemuja sejati (hehehe, biasa pujiale:)).

Sekarang ini "Dia" adalah sahabat yang baik, sangat baik malahan. Karena meski sekarang kita berbeda silaturahmi tetap dirajut. *manami oleh-olehku!*

Oh yah, Insya Allah seminggu dari sekarang "Dia" akan mengupgrade statusnya. Semoga Fase hidupnya sekarang ini yang begitu "lancar" senantiasa diberkahi oleh-Nya.

*Dan semua cerita-cerita itu akan selamanya indah terekam karena yang menyesakkan pun sudah bisa kubayangkan sambil tersenyum.*

Monday, March 26, 2007

Wordpress

Aih.. kayaknya Wordpress lebih komplit nih dari Blogspot. Soalnya dari hasil intip-intipan ketika blogwalking sekilas fiturnya lebih banyak.

Hmmm....

Coba-coba dulu ah.. Register.. register...

*lagi batuk, flu dan pilek*

Saturday, March 24, 2007

Haji Dinas 1428H (2)

Alhamdulillah.. Tes pertama lulus ato kayaknya lebih tepat disebut lolos :) karena kelulusan eh kelolosanku hanya bermodalkan 58,5 point. Tapi tidak boleh sedih, merahkan berarti berani :)

*Kayaknya sih memang rada susah tuh soal karena point tertinggi cuman diangka 76 point. Sementara yang buncit hanya 19 point. *

Dari 293 pejuang skr tersisa 80. Ini berarti kans tambah besar karena banyak yang gugur meski kenyataannya semakin berat karena Tesnya pasti tambah sulit.

Terimakasih atas do'ata' semua di'...

*belajar belajar belajar.. perjuangan masih panjang*

Tuesday, March 20, 2007

Syariah? Sure!

Sejak MUI memfatwakan haramnya bunga bank diakhir 2003 lalu Sy sudah mencoba dengan sekuat tenaga menghindarkan diri dari transaksi ribawi ini.

First step yang Sy lakukan adalah memindahkan rekening ke Bank Syariah. Dan segera saja ujian menghampiri, Gaji selalu telat 3 harian (pernah sampe 1 minggu) dibanding waktu make Bank yang lama. Beruntung tidak punya hutang sehingga sisa tabungan bulan sebelumnya masih cukup buat hidup. Alhamdulillah.

Godaan berikutnya adalah pada pembiayaan, terutama untuk KPR. Bank-bank non Syariah menawarkan pinjaman yang lebih lunak dibandingkan Bank-bank Syariah. Dan setelah bergelut lama dengan diri sendiri ditambah isu-isu mutasi yang sampe sekarang masih konsisten berhembus, jadilah Sy di Balikpapan ini mesti setia jadi kontraktor abadi (Tukang ngontrak gitchu), tak jua berumah sendiri.

Waktu terus berlalu dan Alhamdulillah 2 ketidakmudahan diatas sekarang sudah bukan masalah lagi. Tapi tidak berarti sekarang gaji sudah tepat waktu dan rumah udah punya lho.. Sy cuma merasa it's not a big deal anymore, I'm just so over it..

Tapi ternyata tidak sampai disitu saja. Ada godaan lain yang lebih menggiurkan. Kartu Kredit!. Bukan karena fasilitas utangannya yang bisa berjut-jut itu tapi karena adanya fasilitas ekstra yang ditawarkan, semisal diskon belanja, executive lounge, extra miliage dll. Pokoknya berliur skali meka.

Belum lagi aturan kartu kredit yang katanya kalo minjem trus mengembalikannya tepat waktu tidak akan kena bunga. Aih.. liurku maumi netes.. bebas riba getho lho.. <- bede'

Lama terombang-ambing, bahkan sempat meka bikin aplikasi yang untungnya ditolak (Kayaknya karena dataku tidak Valid, lagian di KTP tertulis lahir Oktober padahal kan asli Scorpio, nassami invalid). Apalagi teman-teman kantor pada lancar dapat kartu gold bahkan platinum, mulai meka tergoda lagi. Kan yang penting tidak bayar telat toh? <- bede' juga

Alhamdulillah, minggu kemarin sebuah imel pertanyaan dari salah seorang rekan di milist internal kantor sudah cukup untuk kembali membuatku bersemangat menghindari virus Kartu Kredit ini;
bagaimana hukumnya (kartu kredit) dalam Islam? Sebab meskipun kita berusaha untuk selalu membayar penuh sehingga tidak timbul bunga, bukankah beberapa kemudahan yang kita peroleh seperti diskon, executive lounge, dll. itu disubsidi dari bunga pengguna yang lain?
---

Well, saat ini hati sudah tenang kembali meskipun gaji masih suka telat, belum punya rumah dan tanpa kartu kredit.

*kartu kredit syariah.. mungkinkah?*

Friday, March 16, 2007

Kopdarna Balikpapan!

Mantap!
Persis kayak bayanganku sebelum ketemuan, Orangnya cool-cool tapi hebat-hebat.
Mohon bimbingannya senior...

Hmm..
Kalo Kopdar di Makassar gimana di'?
Pasti lebih seru lagi!
Looking forward to join one of 'em...

*tereak mode on: Manami Potona Daeng!*

Sunday, March 11, 2007

Haji Dinas 1428H

Insya Allah besok tes Haji kantor. Sy ikutan karena mo coba-coba saja, nyari pengalaman gitu. Lagian syarat sudah bekerja minimal 5 tahun sudah lewat. Yah sapa tau lulus, bisa bawa Bapak berhaji karena tiap karyawan boleh membawa 1 orang keluarga dekat.

Sebenarnya sih yang paling ingin Sy ajak berhaji bareng adalah Istri terus diurutan berikutnya adalah Bunda, baru yang ketiga Bapak. Tapi karena Istri belum punya *hiks* dan Bunda Alhamdulillah sudah Hajjah, otomatis mesti ngajak Bapak.

Kata orang-orang yang sering Sy dengar dulu di kampung, katanya kalo mo berhaji selain sudah siap materi mesti sudah dapat "feel"-nya dulu. Sudah dapat "panggilan" pi beng. Nah kalo Sy, belum dapet dua-duanya masih sebatas perasaan dumba-dumba saat ngeliat gambar Masjidil Haram. Lagian ikut tes ini nothing to lose ji, minimal dapat pengalaman, gagal bisa ngulang tahun depan, maksimalnya ya naik Haji bareng Bapak dengan fasilitas ONH Plus toh :)

Nah sekarang ini Sy di kantor niatnya mo belajar buat persiapan besok. Kebetulan kita-kita sudah dibagiin contoh soal 2 tahun lalu. Sudah nyoba-nyoba jawab sih dan dari 80 soal pilihan ganda bisa njawab sekitar 30an, dan Essai yang 5 nomer blank total hehehe.... Trus ceritanya nih, 50an soal yang belum tau jawabannya mo di-googling malam ini.

Dari 258 orang Karyawan se-Indonesia raya yang ikut mendaftar, Insya Allah akan diseleksi jadi 15 orang. Tes berikutnya setelah lulus tes tertulis besok adalah, Tes Wawancara 2-5 April, Survey Lokasi (Lingkungan tempat tinggal) 14-30 April dan terakhir Pengumuman hasil seleksi pada tangga 7 Mei 2007 .


Hmm... could it be me among the 15?

Saturday, March 10, 2007

Demi Labels

Gara-gara mo nampilkan "Label" di side bar, jadilah Sy upgrade template.
Cuma... Setelah upgrade, "Label"na memang muncul, tapi template lamaku yang cozy itu *iya kan kak :)* tidak bisa lagi dipake.

Argh... mesti kerja keras lagi nih. But later pi, mo main bola dulu!

MotoGP 2007

Mulai hari ini MotoGP Season 2007 digelar dengan Sirkuit Losail di Qatar sebagai tuan rumah pertama.

Hasil intipan di detik.com pole position diraih oleh Valentino Rossi. Grip terdepan kemudian dilengkapi oleh Casey Stoner dari Ducati dan Colin Edwards rekan setim Rossi. Kelihatannya Yamaha lagi unjuk kekuatan nih terutama ke Honda yang tahun lalu juara lewat Nicky Hayden. Honda sendiri cuma bisa nempatin pembalapnya diurutan ke-4 lewat Toni Elias. Sedangkan Sang Juara Dunia tahun lalu cuma bisa berada ngintip diurutan 10.

Kayaknya musim balapan ini akan sangat seru karena ini adalah musim pertama kelas teratas menggunakan motor 800cc. Tim-tim peserta tentu bertanding dengan motor-motor baru yang belum teruji dilevel kompetisi. So dari sisi mesin, bisa dibilang 21 pembalap yang bersaing memiliki kans untuk menjadi juara. Faktor yang akan sangat menentukan di musim ini adalah si Pembalap itu sendiri.

Ngomongin pembalap, Sy dan seluruh dunia tentu sepakat kalo the Doctor is the best. Apalagi yang sudah-sudah Valentinic sudah membuktikan bahwa dirinya adalah pembalap dengan adaptasi yang sangat baik. Kita tentu masih ingat ketika musim pertama kelas motoGP menggunakan mesin 990cc yang sebelumnya 500cc, Rossilah juaranya. Demikian juga ketika dia berpindah pabrikan dari Honda ke Yamaha, titel Juara dunia langsung diraihnya. Nah musim ini, dengan motor anyar 800cc, Kayaknya Rossi lagi deh :)

Tim Favoritku adalah Ducati. Bukan apa-apa, motor-motor keluaran Ducati memang sudah lama jadi pengisi mimpiku. Sehingga ketika Ducati ambil bagian di MotoGP langsung deh mendaftar jadi fansnya. Dengan kombinasi tua-muda loris dan stoner, kayaknya musim ini bakal jadi musim terbaik Ducati!

Selain Rossi, 2 rider favoritku adalah Marco Melandri dan Toni Elias. Kebetulan mereka 1 tim lagi. Gaya membalap mereka sungguh menghibur. Aksi-aksi brilian mereka musim lalu adalah ketika Melandri juara di Philips Island dan Toni mempecundangi Rossi di Estoril. Rossi sampe bilang, "Toni rides like the devil". Mereka bertiga ini adalah raja power slide dan late braking.

Soal Honda, dari sisi mesin mereka yang terbaik. Apalagi didukung oleh budget yang besar dan pengalaman "leading" bertahun-tahun. Young guns mereka juga hebat-hebat. Pedrosa dan Melandri sepertinya bakal jadi ujung tombak Honda.

Tim-tim lain kayak Suzuki dan Kawasaki semoga bisa lebih kompetitif musim ini. Karena sebenarnya dari speed mereka tidak kalah, problem utama mereka adalah realibility mesin. Mudah-mudahan saja mereka sudah bisa mengatasi masalah tersebut sehingga rivalitas di sirkuit bisa lebih dahsyat.

----

Enough sok taunya... Pokoknya 8 bulan kedepan lewat 18 Sirkuit, Ahad sore (kecuali Qatar dan Belanda yang menggelar lomba hari sabtu) Ek tidak bisa diganggu gugat. Kecuali Jombloku berakhir, yah bisa nego deh..

Sepang at October? I still had the dream, just wait and see because unlike the previous year, this 2007 could be my toughest year. OPTIMISTICO!

All rider... Start your Engine!!!!

Saturday, March 03, 2007

Scored!

Yessss... berhasil nyetak 1 Gol!!!
meski kalah 2-4, yang penting bisa nyetak..
jarang-jarang lho bisa ngegolin di futball
je je jeeeee.... :)

*I love this futball*

Friday, March 02, 2007

Community Problem (Finale)

Problem yang dulu ternyata belum tuntas juga. Si Bapak kembali marah-marah karena merasa penyelesaian masalah yang tidak jelas juntrungannya, padahal sebenarnya klaim dia itu yang tidak jelas juntrungannya, modal ngotot doang. Kali ini aksi si bapak adalah dengan menempel pengumuman di pintu site:




gile, masuk site sendiri mesti bayar 1 jt!

Sebenarnya kita sudah melakukan tindak lanjut untuk penyelesaian masalah dengan melakukan pengukuran tanah yang disaksikan oleh lurah, polsek, pemilik tanah dan si bapak.

Nah dari situ didapati kalo klaim si bapak itu terkesan mengada-ada. Masak yang tadinya cuma kecaplok selebar 1 meter setelah diukur malah jadi 20 meter, kan aneh. Jadi curiga patok siapa yang bergeser. Jadilah tidak ada tindak lanjut karena klaim si bapak tidak dapat dibuktikan.

Setelah adem ayem selama 3 bulan, situasi jadi panas lagi, kali ini si bapak beraksi dengan memblok akses masuk ke site dan mengintimidasi siapa saja yang hendak masuk ke site. Boleh masuk tapi bayar dulu 1 jeti dan resiko tanggung sendiri kata si bapak. Weleh weleh, bapak bapak...

Terpaksa mesti ke sana lagi dah..

----

Singkat kata singkat cerita.. Kami berlima, project management, site management, power management, vendor management dan Sy management, sampe ke rumah si bapak dan memulai "meeting" yang tidak nyaman.

Lewat negosiasi yang panjang, sangat panjang, dan laaaama.. akhirnya tercapai juga kesepakatan dengan si bapak dimana kami akan memberikan dana tali asih (TALI ASIH? Grrrr...) sebagai ganti rugi untuk semua kerugian (KERUGIAN?) si bapak selama ini dengan tidak lupa membuat BAK yang berisi point pamungkas:

Dengan ditandatanganinya Berita Acara Kesepakatan ini, maka ”si bapak” tidak akan menuntut kepada ”kami” berkaitan dengan permasalahan tanah dan hal-hal lainnya di kemudian hari. Dan apabila ada tuntutan dari pihak ”si bapak” maka akan dilakukan proses legal ke pihak berwajib.
Fuih akhirnya... sepakat, tanda tangan dan poto-poto:


Sebenarnya ada 10 orang yang
bertandatangan, tapi bapak inilah
yang paling... besar idungnya

----

Semoga problemo ini tuntas sampai disini dan tidak ada lagi masalah dikemudian hari, Amin.
dan Alhamdulillah... indah juga weekend-anku :)

Sentuhlah dia tepat disakunya *??!!*